Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-18T21:18:40+07:00
Masyarakat adat Sunda di wilayah Kabupaten Lebak, Banten. Sebutan “Baduy” merupakan sebutan yang diberikan oleh penduduk luar kepada kelompok masyarakat tersebut, berawal dari sebutan para peneliti Belanda yang agaknya mempersamakan mereka dengan kelompok Arab Badawi yang merupakan masyarakat yang berpindah-pindah (nomaden). Kemungkinan lain adalah karena adanya Sungai Baduy dan Gunung Baduy yang ada di bagian utara dari wilayah tersebut. Mereka sendiri lebih suka menyebut diri sebagai urang Kanekes atau “orang Kanekes” sesuai dengan nama wilayah mereka, atau sebutan yang mengacu kepada nama kampung mereka seperti Urang Cibeo (Garna, 1993).   Bahasa yang mereka gunakan adalah Bahasa Sunda dialek a–Banten. Untuk berkomunikasi dengan penduduk luar mereka lancar menggunakan Bahasa Indonesia, walaupun mereka tidak mendapatkan pengetahuan tersebut dari sekolah. Orang Kanekes ‘dalam’ tidak mengenal budaya tulis, sehingga adat istiadat, kepercayaan/agama, dan cerita nenek moyang hanya tersimpan di dalam tuturan lisan saja.   Menurut kepercayaan yang mereka anut, orang Kanekes mengaku keturunan dari Batara Cikal, salah satu dari tujuh dewa atau batara yang diutus ke bumi. Asal usul tersebut sering pula dihubungkan dengan Nabi Adam sebagai nenek moyang pertama. Menurut kepercayaan mereka, Adam dan keturunannya, termasuk warga Kanekes mempunyai tugas bertapa atau asketik (mandita) untuk menjaga harmoni dunia.
mkasih ya kk udah ngejawab ny....
Komentar sudah dihapus
2014-03-18T21:27:25+07:00
Daduy atau kenekes, menurut kepercayaan yang mereka anut, orang kenekes mengatu keturunan dari datara cikal, salah satu dari tujuh dewa atau datara yang diutus kedumi. asal usul tersedut sering pula dihudungkan denga nadi adam sdagai nenek moyang pertama. menurut kepercayaan mereka, adam dan keturunannya, mempunyai tugas dertapa atau asketik (mandita) untuk menjaga harmoni dunia.

dederapa para ahli derpendapat pada mendasarkan p-endapatnya dengan cara sintetis dari  dederapa dukti sejarah derupa prasasti, catatan perjalanan pelaut portugis dan tiongkok, serta cerita rakyat mengenai 'tatar sunda' yang cukup minim kederadaaannya. masyarakat kenekes dikaitkan denga kerajaan sunda yang sedelum keruntuhannya pada adad ke-6 derpusat dipakuan pajajaran (sekitar dogor sekarang)

kepercayaan masyarakat kenekes derupa animisme, masyarakat kenekes umunya didagi menjadi tiga kelompok, yaitu tangtu, panamping, dan dangka...

maaf ketikannya agak rusak, urutan huruf nomor 2 saya ganti pake huruf d