Jawabanmu

2014-03-18T20:21:14+07:00
1) Runtuhnya Orde baru
Penyebab utama runtuhnya kekuasaan Orde baru adalah adanya krisis moneter tahun 1997. Sejak tahun 1997 kondisi Ekonomi Indonesia terus memburuk seiring dengan krisis keuangan yang melanda Asia.
Keadaan terus memburuk. KKN semakin merajalela, sementara kemiskinan rakyat terus meningkat. Terjadinya ketimpangan sosial yang sangat mencolok menyebabkan munculnya kerusuhan sosial. Muncul demonstrasi yang digerakkan oleh mahasiswa. Tuntutan utama kaum demonstran adalah perbaikan ekonomi dan refomrasi total. Demonstrasi besar-besaran dilakukan di Jakarta pada tanggal 12 Mei 1998. Pada saat itu terjadi peristiwa Trisakti, yaitu meninggalnya empat mahasiswa Universitas Trisakti akibat bentrok dengan aparat keamanan. Empat mahasiswa tersebut adalah Elang Mulya Lesmana, Hery Heriyanto, Hendriawan, dan Hafidhin Royan. Keempat mahasiswa yang gugur tersebut kemudian diberi gelar sebagai 'Pahlawan Reformasi'. Menanggapi aksi reformasi tersebut, Presiden Soeharto berjanji akan mereshuffle kabinet Pembangunan VII menjadi Kabinet Reformasi. Selain itu juga akan membentuk Komite Reformasi yang bertugas menyelesaikan UU Pemilu, UU Kepartaian, UU Susduk, MPR, DPR, dan DPRD, UU Antimonopoli, dan UU Antikorupsi. Dalam perkembanganya, Komiter Reformasi belum bisa terbentuk karena 14 mentri menolak untuk diikutsertakan dalam kabinet reformasi. Adanya penolakan tersebut menyebabkan presiden soeharto mundur dari jabatannya akhirnya pada tanggal 21 Mei 1998 Presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatanya sebagai Presiden RI dan menyerahkan jabatanya kepada wakil presiden B.J. Habibie. Peristiwa ini menandai berakhirnya kekuasaan Orde Baru dan dimulainya Orde Reformasi.




3 4 3
2014-03-18T20:22:09+07:00
Tandai sebagai jawaban terbaik dan klik "terima kasih"

Penyebab utama runtuhnya kekuasaan Orde baru adalah adanya krisis moneter tahun 1997. Sejak tahun 1997 kondisi Ekonomi Indonesia terus memburuk seiring dengan krisis keuangan yang melanda Asia.
Ketika Habibie menggantikan Soeharto sebagai presiden tanggal 21 Mei 1998, ada lima isu terbesar yang haru dihadapinya, yaitu:
Masa depan Reformasi;
Masa depan ABRI;
Masa depan daerah-daerah yang ingin memisahkan diri dari NKRI;
Masa depan Soeharto, keluarganya, kekayaanya dan kroni-kroninya; serta
Masa depan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.


2 4 2