Dari Cerita ini :

ondel-ondel adalah suatu boneka yang dimainkan oleh orang. boneka ini memiliki dua jenis yaitu: boneka perempuan dan boneka laki-laki. boneka ini memakai pakaian khas dari betawi. ondel-ondel ini berasal dari DKI Jakarta tepatnya dari suku betawi

ondel-ondel biasa digunakan pada hari besar suku betawi atau ulang tahun kota jakarta, karena pada acara ini ondel-ondel digunakan oleh manusia yang akan menggoyangkan ondel-ondel tersebut, sehingga ondel-ondel tampak sedang bergoyang.

selain digunakan untuk hari besar, ondel-ondel juga digunakan untuk upacara adat dan acara pernikahan, karena sejak zaman dahulu masyarakat betawi sudah menggunakan ondel-ondel sebagai peramai agar acara tersebut menjadi lebih ramai dan bagus. Selain itu ondel-ondel memiliki khas yaitu memakai baju betawi.

ondel-ondel ini merupakan budaya indonesia, oleh karena itu kita wajib menjaganya agar budaya yang ada di indonesia masih beragam dan tidak berkurang.

1.dari cerita diatas manakah yang merupakan kalimat majemuk dan kalimat tunggal yang berdasarkan SPOK nya?!

2. tolong jelaskan secara rinci?!

tolong ya

1
kalimat tunggal: ondel 2 memakai pakaian khas betawi .kalimat majemuk:ondel2 digunakan pada hari besar dan ulang tahun jakarta.

Jawabanmu

2014-03-18T20:32:50+07:00
Kaliammat tunggal; boneka ini memakai pakaian khas dari betawi
majemuk;
ndel-ondel juga digunakan untuk upacara adat dan acara pernikahan(setara klo ga slah)