Seorang pedagang perabot rumah tangga menjual sepasang sofa dengan harga Rp 12.000.000 ,00. dari penjualan tersebut,dia mendapat untung 20% dari modalnya. dia berencana akan menggantikan sofa yang telah laku tersebut untuk di jual kembali,tetapi ternyata harga sofa tersebut sudah naik 10% dari modal sebelumnya.berapakah sofa itu di jual agar keuntungannya sama dengan penjualan sofa yang pertama?

2
terlalu panjang dan susah di mengerti

Jawabanmu

2014-03-18T19:52:42+07:00
Harga beli Mula-mula :
⇒ 
⇒ Rp. 10.000.000
Kenaikan harga Sofa dengan Persentase 10% maka :
⇒ 
⇒ Rp. 1.000.000
harga sofa sekarang:
⇒10.000.000 + 1.000.000 
⇒ Rp. 11.000.000
Agar mendapat untung 20% maka:
⇒ 
⇒ Rp. 2.200.000
Sehingga Harga jual:
⇒11.000.000 + 2.200.000 
⇒ Rp. 13.200.000,-

Jadi sofa itu di jual agar keuntungannya sama dengan penjualan sofa yg pertama ialah seharga Rp. 13.200.000,-
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-18T19:54:58+07:00
20/100 x 12.000.000=Rp. 2.400.000
12.000.000-2.400.000
=9.600.000
=10/100 x 9.600.000= 960.000
= 9.600.000+9.600.000 = 10.560.000
sofa 2
20/100 x 10.560.000 = 2.112.000
harga penjualan
Rp. 10.560.000+2.112.000= Rp. 12.672.000
jadi sofa yang kedua dijual Rp. 12.672.000
semoga membantu,tandai terbaik ya...
1 5 1