jelaskan prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika listrik!

2
Pada salah satu ujungnya (A) bimetal di keling (direvet) pada bagian logam yang terimbas panas dari heater atau tahanan yang merubah energi listrik menjadi energi panas (pada seterika listrik atau pemanas dispenser. Jika suhu naik ujung yang lain dari bimetal (B) akan membengkok kearah lapisan logam dengan koefisein muai (pengembangan) lebih kesil.
Pada ujung B terdapat titik pengumpil yang berguna untuk mengangkat terminal bebas (C) dari sekaklar listrik yang pada suhu normal
terhubung dengan terminal (D) sekaklar yang dapat mengatur "kelekatannya" terhadap terminal C (Biasanya dengan sebuah baut pengatur yang dihubungkan dengan knop/piringan yang diberi skala pengatur).
Pada suhu tertentu ujung B akan mengangkat terminal D sehingga skaklar terbuka dan menyebabkan aliran listrik pada pemanas terputus.
makasih

Jawabanmu

2014-03-18T18:45:37+07:00
Pada saat setrika di nyalakan terdapat sensor/tombol berwarna merah, tombol itu akan menyala dan pada saat panas setrika itu telah maksimum maka tombol itu/sensor itu akan mati/padam dan akan menyala lgi.
Jawaban paling cerdas!
2014-03-18T18:50:14+07:00
Prinsip kerja bimetal sebagai sensor suhu pada setrika yaitu bimetal berfungsi sebagai saklar otomatis saat suhu setrika tinggi, lengkungan pada bimetal membuat rangkaian listrik pada setrika menjadi terbuka (terputus). Saat setrika mendingin, bimetal kembali ke bentuk asal, sehingga rangkaian listrik tertutup (tersambung) dan setrika kembali panas



3 3 3