Berikan pendapatmu beserta alasannya ya,,,

1. apakah kebebasan dalam menyampaikan pendapat melalui media demokrasi menunjukkan adanya kesadaran berdemokrasi?

2. permasalahan-permasalahan kemasyarakatan hanya menjadi urusan pemerintahan dan lembaga-lembaga lainnya.

3. syarat suatu musyawarah dapat dilaksanakan, jika masing-masing peserta mempunyai kerelaan untuk berkorban demi tercapai mufakat.

4. hal-hal yang perlu dimusyawarahkan adalah persoalan-persoalan yang penting bagi kita dan yang menguntungkan saja.

5. jika calon pemimpin yang kita pilih kalah atau tidak terpilih, kita merusak kantor pemimpin yang menang.


sebisanya aja ya..

1

Jawabanmu

2014-03-19T00:09:51+07:00
1. Media dalam menjalankan asas kedaulatan Rakyat atau demokrasi, bisa melalui apa pun. Kepedulian akan demokrasi, timbul dari kesadaran setiap lapisan masyarakat yang mendukung demokrasi sebagai asas mereka, entah melalui media apa pun.

2. Tergantung hal ini berlaku di negara mana. Jika di Indonesia, hal tersebut tidak benar, karena kedaulatan rakyat adalah di mana rakyat yang memerintah, bukan hanya lembaga-lembaga negara.

3. Iya. Kerendahan hati, lapang dada, dan kerelaan untuk berkorban sangat berpengaruh dalam  terlaksananya musyawarah. Sayangnnya, Voting sekarang lebih banyak digunakan, akibat dari sikap dan kebiasaan pemerintah Indonesia.

4. Bisa jadi. Jika misalnya dalam suatu kelompok masyarakat, mereka memiliki satu solusi untuk daerah mereka dan  untuk kepentingan bersama. Jelas itu penting bagi mereka dan menguntungkan mereka. Namun jika ada 2 solusi dalam 1 masyarakat, maupun lebih dari 1 solusi dalam 2/lebih masyarakat, barulah musyawarah harus lebih fokus lagi karena banyak persoaalan yang harus dihadapi agar tidak mementingkan pihak-pihak tertentu.

5. Untuk nomor 5 sebaiknya Anda jawab sendiri, karena setiap orang memiliki ideologi yang berbeda tentang hal ini. Dominannya, pasti orang akan menjawab  tentang hal yang benar, yaitu bersikap damai tergantung kondisi dan suasana. 


1 4 1