Jawabanmu

2014-03-18T15:06:15+07:00
Kalimat Majemuk Setara yang menyatakan sebab akibat(alasan) ialah kalimat majemuk setara yang terdiri atas beberapa kalimat tunggal yang isi bagian yang satu menyatakan sebab akibat dari bagian yang lain.
Contoh :
Roy Marten ditahan, karena ia telah membawa sabu-sabu.
Anak itum luka parah, sehingga ia harus dibawa ke rumah sakit.

1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-18T15:08:10+07:00
Kalimat majemuk setara adalah kalimat yang hubungan klausanya setara/sejajar
Dan biasanya dihubungkan oleh konjungsi/ kata gabung: dan, atau, tetapi, serta, lalu, kemudian, lagipula, juga, hanya, padahal, sedangkan, baik....maupun, tidak...tetapi, bukan...melainkan.
klau yang ini mba,... "apa arti kalimat majemuk setara penunjukan alasan"