Jawab menggunakan caranya... Terimakasih sebelumnya ^_^

1) Bu Tania membeli 4 rak telur dengan harga telur Rp 21.000,00 tiap rak. Tiap rak berisi 30 butir telur. Kemudian Bu Tania menjual kembali telur-telur tersebut dan harga setiap satu butir telur dijual dengan harga Rp 800,00. Dapat dikatakan bahwa Bu Tania...
a. untung Rp 12.000,00
b. untung Rp 6.000,00
c. rugi Rp 6.000,00
d. rugi Rp 12.000,00

2) Sebuah toko elektronik memberikan diskon sebesar 10% untuk semua jenis barang jika dibayar secara tunai. Pani melihat harga jam tangan sebelum diskon di etalase seharga Rp 75.000,00dan dikenakan pajak penjualan 5%. Pani ingin membeli jam tangan tersebut tetapi ia hanya mempunyai uang sebesar Rp 70.000,00. Ternyata untuk membeli jam tangan tersebut, uang Pani...
a. sisa Rp 875,00
b. sisa Rp 785,00
c. kurang Rp 785,00
d. kurang Rp 875,00

3) Sebuah toko memberikan diskon 10% untuk pembelian sampai Rp 100.000,00 dan 15% untuk kelebihannya. Jenny berbelanja sebesar Rp 300.000,00, maka yang harus dibayar adalah...
a. Rp 260.000,00
b. Rp 270.000,00
c. Rp 275.000,00
d. Rp 280.000,00

2
misal :
H1 = harga di etalase
H2 = harga setelah dikenakan pajak
H3 = harga setelah diskon

Besar pajak = H1*prosentase pajak = 75000*5% = 3750
H2 = H1 + Besar pajak = 75000 + 3750 = 78750
Besar diskon = H2*prosentase diskon = 78750*10% = 7875
H3 = H2 - Besar diskon = 78750 - 7875 = 70875
Harga barang = 70875
Uang yang dimiliki = 70000
Jadi, untuk membeli jam tangan tersebut kurang Rp.875,00
no 3?
300000 = 100000 + 200000
Besar diskon = 100000*10% = 10000
Besar diskon = 200000*15% = 30000
Yang harus dibayar = (100000 - 10000) + (200000 - 30000) = 90000 + 170000 = 260000
Jadi, yang harus dibayar Jenny sebesar Rp.260.000,00.
makasih yya

Jawabanmu

2014-03-17T22:49:17+07:00
1. 4*30*800=96000 hasil penjualan pembelian 4*21000=84000 jadi untung 12000

Jawaban paling cerdas!
2014-03-17T23:01:59+07:00
1.30*4=120
  21.000*4=84.000
  84.000/120=700+100=800*120=96.000
  84.000-96.000=12.000(Untung 12.000)

yang no 2 sama 3?
kurang ngerti :v
._. yaudah