A. Diketahui harga pembelian selusin pulpen Rp 27.500. Kemudian dijual dengan harga Rp 3000/buah. Berapa besar keuntungannya?
b. Seorang pedagang membeli 100kg telur dengan harga Rp 6.500/kg dengan biaya angkutan Rp 25.000. Kemudian telur tersebut dijual dengan harga Rp 7.600/kg. Jika telur yang rusak 2kg, tentukan besar untung atau ruginya.
c. Pak Didi membeli 5 peti jeruk yang setiap peinya berisi 15kg jeruk dengan harga setiap peti Rp 58.000. Kemudian dijual dengan harga rata-rata Rp 4.500/kg. Berapa keuntungan atau kerugian Pak Didi?

2

Jawabanmu

2014-03-17T20:17:44+07:00
A=8500
B=RUGI=17000
C=UNTUNG 47500
Jawaban paling cerdas!
2014-03-17T20:36:25+07:00
A. 1 lusin = 12 buah
               = 12 x Rp.3.000 = Rp.36.000
   untung  = Rp.36.000 - Rp.27.500 = 8.500
b. 100kg x Rp.6.500 = 650.000 + Rp.25.000 (biaya angkutan) = Rp.675.000
   penjualan = (100kg - 2kg) x Rp.7.600 = Rp.744.800
   untung = Rp.744.800 - 675.000 = Rp.69.800
c. 5 peti x 15 kg = 75 kg
   5 peti x Rp.58.000 = Rp.290.000
   75kg x Rp.4.500 = Rp.337.500
   untung = Rp.337.500-Rp.290.000 = Rp.47.500
1 5 1