Jawabanmu

2014-03-17T19:37:15+07:00
Pada 2 September 1945, perang dunia ke-2 resmi kandas, setelah Jepang tidak berdaya menyusul dijatuhkannya bom atom di dua kota besar di Jepang, yaitu di Hiroshima dan nNgasaki. Akhirnya Jepang menyatakan secara resmi hitam diatas putih penyerahan diri tanpa syarat pada pihak sekutu. 
Upacara penyerahan Jepang secara resmi dilakukan di atas kapal perang USS Missouri yang berlabuh di Tokyo Bay. Menteri Luar Negeri Jepang yang baru, Mamoru Shigemitsu jadi utusan Jepang, sedangkan Jenderal Douglas MacArthur yang duduk di hadapan para staf kaisar, mendapat kehormatan  untuk menandatangani surat penyerahan diri Jepang itu.
Sementara itu, untuk pasukan Jepang yang masih bercokol di wilayah lain seperti Asia Tenggara, menyerah pada 12 September 1945, dan penandatangannya dilakukan di Singapura.
Menyerahnya Jepang tanpa syarat menandai berakhirnya Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik yang telah menelan jutaan nyawa dan harta benda. Khusus bagi warga Jepang, proses penyerahan diri ini tidak lepas dari dijatuhkannya bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Meletusnya dua bom tersebut meninggalkan malapetaka bagi penduduk Jepang, khususnya bagi warga Hiroshima dan Nagasaki, yang kotanya hancur lebur.
Warga Jepang sangat kaget dengan perlakuan tentara sekutu yang sangat baik. Mereka mengira kalau akan dijadikan seperti budak oleh sekutu. 
Lain lagi dengan nasib Menlu Shigemitsu yang dinyatakan bersalah atas kejahatan perang. Pasca-penyerahan diri Jepang, ia divonis tujuh tahun penjara. Ironisnya, ia beralasan bahwa perjuangannya selama ini demi perdamaian.
2014-03-17T19:56:02+07:00
Pada tanggal 6 dan 9 agustus 1945 dua kota di Jepang di bom oleh sekutu. hal tersebut membuat Jepang menyerah kalah pada sekutu
1 1 1