Jawabanmu

2014-03-17T12:00:22+07:00
Kerajaan Islam Samudera Pasai berdiri tidak ada suatu kepastian tahun yang didapat. Para peminat dan ahli sejarah masih belum bisa memperoleh suatu kesepakatan mengenai hal ini. Menurut tradisi dan berdasarkan penyelidikan atas beberapa sumber sementara , terutama yang dilakukan oleh sarjana-sarjana Barat khususnya para sarjana Belanda sebelum perang seperti Snouck Hurgronye, J.P. Moquette, J.L. Moens, J. Hushoff Poll, G.P. Rouffaer, H.K.J. Cowan, dan lain-lain, menyebutkan, bahwa Kerajaan Islam Samudera Pasai baru berdiri pada pertengahan abad ke XIII.
2014-03-17T14:15:02+07:00
DINASTI MEURAH KHOIR RAJA PERTAMA1. MEURAH SILU keturunan raja (PERLAK) sekarang Malaysia yang bergelar SULTAN MALIKUS AS-SALIH,Sistim pemerintahan kerajaan dan Angkatan Laut serta Darat sudah terstruktur dg rapi.Kerajaan ini mengalami makmur terutama setelah Samudra Pasai di buka. Hubungan kedua kerajaan SAMUDRA PASAI dan PERLAK berjalan harmonis, bahkan Meurah Silu memperkukuh hubungan ini dengan menikahi putri GANGGANG SARI ANAK RAJA PERLAK. Dan berhasil memperkokoh kerajaan Samudra Pasai dengan baik.
Raja-raja Kerajaan Samudra Pasai yang pernah memerintah diantaranya1. sultan al Malikus Saleh 1285-1297 M
2. Sultan Muhammad (Al Malikuz Zahir 1
3. Sultan Ahmad Bahiam Syah,(Malikuz Zahir II)
4. Sultan Zainal Abidin. 1383-1403/1406 M
5. Sultan Haidar Bahiam syah
6. Sultan Nagor
7. Sultan Ahmad Permala
8. Sultan Iskandar. 1420-1434 M

Berdirinya kerajaan Islam samudra pasai pada tahun 1285 M yang mendapat dukungan politik dari kerajaan Mamluk di Mesir. Hal ini ditandai dengan datangnya utusan kerajaan Mamluk pada saat penobatan Meurah Silu menjadi raja islam pertama di Samurdra Pasai
¨  Sultan Mamluk dari Mesir memerintah kepada Syekh Ismail  datang ke Samudra Pasai.untuk mewakilinya dalam menyaksikan penobatan sultan Malikus As-salih sebagai Sultan pertama di Kerajaan Samudra Pasai. 
Kerajaan Samudra Pasai menganut menganut Mazhab Syafi’i.
¨  MALIKUS SALIH MEMERINTAH TAHUN 1285- 1297M.¨  Dalam menjalankan pemerintahan, Malik As Salih di bantu oleh Seri Kaya (Sidi Ali Khairuddin) dan Bawa Kaya (Sidi Ali Hasanuddin).¨  Selain itu datang seorang Alim dari Mesir bernama Faqir Muhammad yang mengemban misi dakwah Islam.
Setelah sultan Malik as Salih meninggal posisinya di ganti anaknya¨  Anaknya bernama Sultan muhammad  (1297-1326M) dg gelar Sultan Malikuz Zahir I.¨  Setelah meninggal pd th 1326M, di gantikan putranya SULTAN AHMAD BAHIAM SYAH (1326-1348M) yg bergelar Sultan Malikuz Zahir II. Sultan tsb rajin berdakwah ditengah-2 masyarakat. Dalam pemerintahanya mencapailah catatan terbaik dari seorang pengembara dari Maroko (Ibnu Batutah). Menurut Ibnu Batutah raja Yang paling cakap, gagah dan sbg pemeluk Islam taat.¨  Setelah Ahmad Bahiam Wafat di ganti oleh putranya yang bernama ZAINAL ABIDIN,th 1348-1406 M.karena masih kecil pemerintah dipegang oleh pembesar kerajaan,¨  Pada saat itulah keadaan kerajaan samudra Pasai menjadi lemah, di tambah ada penyerangan dari kerajaan Syiam dengan kekuatan besar.¨  Dalam serangan tsb sultan Zainal Abidin di tawan.¨  Sultan bisa bebas asal bisa ditebus dg dua ekor itik emas dan pisau emas.¨  Setelah sultan bebas lalu dapat serangan lagi dari Majapahit th 1377, alasannya Raja Majapahit (Hayam Wuruk)Khawatir atas kemajuan kerajaan Samudra Pasai, pada saat itu kerajaan Samudra Pasai menjadi taklukan kerajaan majapahit walaupun dibantu kerajaan Syiam.¨  Untuk memperkuat peran dan posisi kerajaan, kerajaan Samudra Pasai menjalin hubungan politik dengan malaka melalui perkawinan antara raja Parameswara dan putri Zainal Abidin. Dan berhasil.¨  PADA TH 1383-1403 M Sultan.Zainal Abidin berkuasa yang meliputi daerah kedah di semenanjung Malaya.¨  Sultan Zainal Abidin aktif menyebarkan pengaruh Islam ke Pulau Jawa dan Sulawesi dg mengirim ahli2 dakwah. Para ahli2 tsb adalah para wali yaitu maulana Malik Ibrahim dan Maulana Ishak.¨  Kerajaan Samudra Pasai pada saat itu dapat menyaingi Kerajaan Sriwijaya pada saat itu mengalami kemunduran.¨  Bukti kemakmuran kerajaan Samudra adalah adanya cerita dari Tome Pires (seorang pelancong dari Portugis). Pires menyatakan bahwa pada saat itu di Samudra Pasai terdapat mata uang dirham yang bentuknya kecil.¨  Dalam situasi yang kurang menguntungkan terjadilah peperangan lagi antara Samudra Pasai dg, tentara Nuku.
1 5 1