Jelaskan perbedaan historiografi tradisional dengan historiografi modern ?

2
maaf kalau salah
maaf kalau salahHistoriogarafi Indonesia tradisional dipengaruhi oleh jiwa zaman yang banyak mengandung unsur-unsur mitos atau mitologi.Sedangkan dalam historiografi Indonesia modern unsur tersebut tidak diketahui, namun bila dalam penulisan masih terdapat mitos, hal itu dapat dikategorikan dalam historiografi Indonesia tradisional

Jawabanmu

2014-03-16T18:30:24+07:00
Historiografi tradisional adalah karya tulis sejarah yang dibuat oleh para pujangga dari suatu kerajaan, baik itu kerajaan yang bernafaskan Hindu/Budha maupun kerajaan/kesultanan yang bernafaskan Islam tempo dulu yang pernah berdiri di Nusantara Indonesia.
Historiografi modern yang berkaitan dengan sejarah kekuasaan di Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial. Buku sejarah yang sangat penting pada saat ini adalah sejarah yang menceritakan bangsa penjajah di Hindia Belanda (Indonesia).

1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-16T18:54:10+07:00
Historiografi tradisional dikaitkan dengan peristiwa sejarah pada masa lampau. Pada historiografi tradisional masih ditemukan mitos, kepercayaan-kepercayaan, dan masih mengandung kisah-kisah tentang geneologi pada masa kerajaan hindu-budha dan islam.

Historiografi modern dikaitkan dengan peristiwa sejarah pada masa yang telah modern, yaitu sekarang. Historiografi modern mulai ditulis pada tanggal 14-18 Desember 1957. Contoh-contoh historiografi modern adalah peristiwa sejarah pada masa orba.
2 5 2