Jawabanmu

2014-03-16T17:10:56+07:00
Biasannya penyebab banjir bandang yaitu karena hujan deras, tidak ada saluran irigasi, dan tidak ada yang dapat menyerap air (misal tumbuhan, pohon)
apa yang menyebabkan kenapa tidak ada saluran irigasi?
banyaknya rumah / perumahan atau gedung gedung, sehingga saluran irigasi air menyempit dan dapat menyebabkan banjir
terima kasih buat jawabannya
iya, sama2
Jawaban paling cerdas!
2014-03-16T17:18:22+07:00
1.      Hujan : dalam jangka waktu yang panjang atau besarnya curah hujan selama berhari-hari 2.      Erosi Tanah : Menyisakan batuan yang menyebabkan air hujan mengalir deras di atas permukaan tanah tanpa terjasi resapan 3.      Buruknya penanganan sampah : yang menyumbat saluran-saluran air sehingga tubuh air meluap dan membanjiri daerah sekitarnya. 4.      Pembangunan tempat pemukiman : dimana tanah kososng diubah menjadi jalan atau tempat parkir yang menyebabkan hilangnya daya resap air hujan.  Pembangunan tempat pemukiman bisa menyebabkan meningkatnya resiko banjir sampai 6 kali lipat dibandingkan tanah terbuka yang biasanya mempunyai daya serap air tinggi.  Masalah ini sering terjadi di kota-kota besar yang pembangunannya tidak terencana dengan baik.  Peraturan pembauatan sumur resapan di daerah perkotaan kurang diawasi pelaksanaannya. 5.      Bendungan dan saluran air yang rusak: walaupun tidak sering terjadi namun bisa menyebabkan banjir terutama pada saat musim hujanderas yang panjang. 6.      Keadaan tanah dan Tanaman : tanah yang ditumbuhi banyak tanaman mempunyai daya serap air yang besar.  Tanah yang tertutup semen, paving, atau aspal sama sekali tidak menyerap air.  Pembabatan hutan juga dapat merupakan penyebab banjir. 7.      Di daerah bebatua : daya serap air sangat kurang sehingga bisa menyebabkan banjir kiriman atau banjir bandang.

akibat=
1 5 1