Diketahui suatu barisan aritmatika dengan suku ke-5 adalah 14 dan suku ke-8 adalah 29.
a. tentukan suku pertama dan beda barisan tersebut.
b.tentukan suku ke-12 dari barisan tersebut.
c.tuliskan sepuluh suku pertama barisan tersebut

2

Jawabanmu

2014-03-16T13:51:08+07:00
Dik: u5=14 u8=29
c.dit:s10

> eliminasi a
U5= a+4b=14
U8=a+7b=29
         -3b = -15
       b= -5

>substitusi
b=-5 ke u5
14=ax4x-5
14=ax -20
a= -6

jumlh suku ke-10
sn= n/2 (2a+(n-1)b)
s10= 10/2 (2x-6+(10-1)-5)
5(-12+45)
165

Jawaban paling cerdas!
2014-03-16T13:51:44+07:00
Rumus suku sesudahnya = suku sebelumnya + 5 A.suku pertama = 14-(5x4) = 14 - 20 = -6 dan beda setiap barisan adalah 5 B.suku 12 = 49 C. Sepuluh suku pertama = {-6,-1,4,9,14,19,24,29,34,39} (TOLONG JADIKAN JAWABAN TERBAIK)
1 5 1