Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-16T12:27:00+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
maaf saya copas pertanyaannya dek :)

titrasi 25 ml HCL 0,1M dengan NaOH 0,1M, pada penambahan NaOH sebanyak 10 mL maka pH larutan pada titik ini adalah

HCl
V = 25 mL
M = 0,1 M
mol = M x V = 25 x 0,1 = 2,5 mmol

NaOH
V = 10 mL
M = 0,1 M
mol = M x V = 10 x 0,1 = 1 mmol

buat rekasinya :
                   HCl    +    NaOH    ---->  NaCl    +  H2O
M              2,5                    1
R              1                    1                1            1
S              1,5                -                1            1

dari reaksi ternyata sisa HCl
maka larutan bersifat asam, untuk menentukan pH larutan kita cari terlebih dahulu Molaritas HCl sisa (M HCl sisa)
M HCl sisa = mol sisa / V  total = 1,5 / (25 + 10)  ml = 0,428 M

H+  =   Ma x Valensi HCl = 0,428 x 1 = 0,428
pH = - log H+ = - log 0,428 = 1,367


pada titrasi ini,
merupakan titik sebelum titik ekivalen (lupa istilahnya he he he kalo dah ingat saya tambahkan di komen )



semoga membantu :)
beri label terbaik ya :D
6 4 6
2014-03-16T15:40:57+07:00
[H+]= 0,0428 M
pH = - log H+ = - log 0,0428 = 1,3685 (asam)
karena HCL dalam jumlah berlebih (y)