Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-16T12:20:52+07:00
jika 20 ml asam fosfat, H₃PO₄ 0,1M dititrasi dengan larutan NaOH 0,2M hingga tepat berubah menjadi PO₄³⁻ maka volume basa yang diperlukan adalah?

hingga tepat bereaksi menjadi PO4^3- ini berarti semua ion H+ dalam H3PO4 ternetralisasi/bereaksi dengan OH- pada NaOH

H3PO4
V = 20 mL
M = 0,1 M
valensi  = 3 (dilihat dari jumlah atom H-nya saja :)

NaOH
V = ditanyakan
M = 0,2 M
valensi = 1 (dilihat dari jumlah OH-nya saja)


M1x V1 x Valensi = M2 x V2 x Valensi
0,1 x 20 x 3 = 0,2 x V2 x 1
V2 = 6/ 0,2
V2 = 30 mL


semoga bisa membantu :)
semangat ya :D
beri label terbaik (tombolny ada di bagian kanan bawah) :D
14 4 14
2014-03-16T15:57:47+07:00
Karena tepat habis
Valensi asam pospat (3) x volume a.pospat (20) x M a.pospat = valensi basa (1) x volume basa (?) x M basa

volume natrium hiroksida NaOH= 30 ml


3 4 3