Mohon bantu.ant nya :)
suatu benda bermassa 180kg berdiri di dalam sebuah lift yg bergerak dngan percepatan 18 m/s2. jika gravitasi bumi 10 m/s-2, maka tentukan berat benda saat lift bergerak ke atas di percepat dan bergerak kebawah di percepat!!

2

Jawabanmu

2014-03-16T07:43:07+07:00
A. bergerak ke atas dipercepat
    N = m (g+a)
       = 180 (10 + 18)
       = 180 (28)
       = 5040 N
b. bergerak ke bawah dipercepat
   N = m (g-a)
      = 180 (10 - 18)
      = 180 (-8)
      = -1440 N
1 4 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-16T07:43:16+07:00
Gerak keatas :
ΣFy = N – w => N – w = m.a => N = w + (m.a)
N adalah gaya normal, w adalah berat orang/benda, m adalah massa orang/benda, dan a adalah percepatan lift.
N=180x10 + (180x18)
N=5040 N

grak kebawah:
 ΣFy = w – N Dalam hal ini, lift bergerak ke bawah mengalami percepatan a, sehingga: ΣFy = m.a => w – N = m.a => N = w – (m.a)
dimana : N adalah gaya normal, w adalah berat orang/benda, m adalah massa orang/benda, dan a adalah percepatan lift, dengan catatan: apabila lift mengalami perlambatan, maka percepatan a = -a.
N=180x10 - (180x18)
N=-1440 (arah kebawah)
2 5 2