Apabila 2 liter asam asetat 0,1 M(Ka=10 pangkat minus 5)dicampurkan dengan 4,1
gram natrium asetat dan percampuran ini tidak mempengaruhi volume
larutan,maka pH larutan tersebut adalah






2
iya mbak pilihan ganda
bnr g segitu
mav y de td ad perubhan
klo isian yang td ad
mavn kk dd:(

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-15T21:59:53+07:00
Reaksinya gini
     CH3COOH + NaOH ⇒ NaCH3COO + H2O
M =    0,2 mol                    4,1 gram/82= 0,05mol
R =    0,05 mol                      0,05 mol
S=    0,15 mol                        0,05 mol

jadi  h+=  ka x 0,15/0,05
             =10^-5 x 3 =3 x 10^-5

ph = 5 - log3


semoga bermanfaat
makasih banyak ya mbak bantuannyaa :zD
manx ad jwbannya
engga ada di pilihannya mbak
di buku kk kalo di ketahui ka nya itu berarti konsentrasi h+ jd lngsng ketemu phnya itu kan larutan penyangga kecuali di ketahui kbnya yang di tanya ph jd konsentrasi oh-nya dlu di jwb pohnya ketemu lalu dikurangi 14 ketemu phnya td kira kk kb nya yg di ketahui
Komentar sudah dihapus
2014-03-15T22:18:01+07:00
Ini adalah contoh soal Larutan Buffer
Dik:
[CH₃COOH] = 0,1 M  ==> 2 liter
[NaCH₃COO] = 4,1 gram (Mr = 82 g/mol)
Larutan Buffer :
[H⁺] = Ka x  \frac{Mol Asam}{mol Garam}

Kita cari tahu dahulu masing-masing mol dari asam dan garamnya:
mol CH₃COOH = M.V = 0,1 M x 2 liter = 0,2 mol
mol NaCH₃COO = M/Mr = 4,1 gram / 82g.mol⁻¹ = 0,05 mol
nah tinggal kita masukkan ke rumus diatas :
[H⁺] = 10⁻⁵ x  \frac{0,2}{0,05} = 4 x 10⁻⁵

Maka Ph larutan buffer tersebut adalah:
Ph = -log [H⁺]
Ph = -log 4 x 10⁻⁵
Ph = 5-log4

Semoga membantu!!!
Terbaiknya!!!