Jawabanmu

2014-03-15T21:16:20+07:00
Pendidikan yg lebih tinggi (wajar 12 tahun)
Jawaban paling cerdas!
2014-03-15T21:19:43+07:00
Generasi muda sebagai sumber daya manusia di Indonesia memiliki peranan penting, mereka harus memiliki jiwa nasionalis yang kokoh untuk mempertahankan nilai – nilai nasionalisme dan identitas nasional yang sudah semakin pudar. Jiwa Nasionalis harus benar – benar ditanamkan pada generasi muda yang saat ini sudah semakin terkontaminasi oleh perubahan zaman. Nasionalis sebagai wujud rasa kebangsaan dan rasa memiliki Tanah Air sudah tidak sepenuhnya menjadi hal yang diprioritaskan. Generasi muda perlu memperbaiki jiwanya untuk mempertahankan dan memajukan bangsanya melalui pola pikir yang diwujudkan secara kongkrit.
Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan, kalimat itu benar – benar menjadi Point Of Interest seluruh warga Negara Indonesia. Begitupun di Negara lain juga memiliki generasi penerus yaitu pemuda – pemuda calon pemimpin bangsa. Generasi muda memiliki potensi yang kuat dalam memajukan, mengembangkan dan yang terpenting adalah mempertahankan nilai – nilai kebangsaan. Masa depan bangsa terletak di tangan pemuda, merekalah yang bertanggung jawab memecahkan permasalahan – permasalahan bangsa.
Masalah besar Bangsa Indonesia saat ini adalah krisis identitas nasional yang sangat dipengaruhi oleh sumber daya manusia. Sikap dan perilaku pribadi warga Negara dapat mencerminkan karakter buruk atau baik suatu bangsa terutama pemerintah. Pemerintah memiliki tujuan dan realisasi pemerintahan yang jelas, sehingga karakter buruk atau baik akan terlihat ketika pemerintah memanage rakyatnya dan berusaha membangun sumber daya manusianya. Pemerintah juga memiliki andil yang sangat besar dalam membentuk dan mengembangkan sumber daya manusia.
Identitas nasional merupakan nilai – nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam aspek kehidupan serta perkembangan suatu bangsa. Setiap bangsa pasti memiliki karakter dan ciri khas yang berbeda. Begitupun Indonesia, karakter yang kuat sebagai jati diri dan tanda untuk membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa yang lain sudah sangat jelas terlihat. Mulai dari aspek budaya, sosial masyarakat, tata Negara, sifat dan kepribadian bangsa Indonesia. Hal – hal seperti itu tidak lepas oleh peran pemuda untuk mengembangkan bangsanya menjadi bangsa yang bermartabat.

semoga membantu yaa :))