Jawabanmu

2014-03-15T20:32:29+07:00
Larutan penyangga yang bersifat asamLarutan penyangga yang bersifat asam adalah sesuatu yang memiliki pH kurang dari 7. Larutan penyangga yang bersifat asam biasanya terbuat dari asam lemah dan garammya – acapkali garam natrium.Contoh yang biasa merupakan campuran asam etanoat dan natrium etanoat dalam larutan. Pada kasus ini, jika larutan mengandung konsentrasi molar yang sebanding antara asam dan garam, maka campuran tersebut akan memiliki pH 4.76. Ini bukan suatu masalah dalam hal konsentrasinya, sepanjang keduanya memiliki konsentrasi yang sama.Anda dapat mengubah pH larutan penyangga dengan mengubah rasio asam terhadap garam, atau dengan memilih asam yang berbeda dan salah satu garamnya.Larutan penyangga yang bersifat basalarutan penyangga yang bersifat basa memiliki pH diatas 7. Larutan penyangga yang bersifat basa biasanya terbuat dari basa lemah dan garamnya.Seringkali yang digunakan sebagai contoh adalah campuran larutan amonia dan larutan amonium klorida. Jika keduanya dalam keadaan perbandingan molar yang sebanding, larutan akan memiliki pH 9.25. Sekali lagi, hal itu bukanlah suatu masalah selama konsentrasi yang anda pilih keduanya sama.
klw ska jdiin yg terbaik yah
makasih ya kak ...
ok jgn pnggil kkak
2014-03-15T21:26:51+07:00
Definisinya :

Larutan penyangga, larutan dapar, atau buffer adalah larutan yang digunakan untuk mempertahankan nilai pH tertentu agar tidak banyak berubah selama reaksi kimia berlangsung. Sifat yang khas dari larutan penyangga ini adalah pH-nya hanya berubah sedikit dengan pemberian sedikit asam kuat atau basa kuat.

cara membedakannya :

penyangga : asam lemah atau basa lemah dengan garamnya(garam dari asam/ basa lemah), syaratnya anda harus hafal asam lemah atau basa lemah itu apa a\saja ?
Garam adalah gabunag antara logan / bisa NH4 juga, dengan sisa asam.
Kesim pulan : kalu ada asam lemah dan garamnya sebagai campuran itulah penyangga.
kalau ada basa lemah dan garamnya itu juga penyangga

semoga membantu yaa :))