sepotong balok kayu mengapung diatas air, 60 % volumenya tenggelam. Bila volume balok itu 4000 cm3, maka massa balok kayu ..... kg
a) 3,0
b) 2,4
c) 1,8
d) 1,2
e) 0,8
tolong di bantu ya teman2 :) beserta pembahasannya :) terimakasih.

2

Jawabanmu

2014-03-15T20:20:07+07:00
Rumusnya mengapung = m.g
               MASSA  = apung : g
                             =60%: 10
                             =0,06
klw mnrutku
Jawaban paling cerdas!
2014-03-15T20:26:36+07:00
P= ruh
v = volum
w = Fa
Pb x Vb = Pf x Vf
Pb x4000= 60% x 4000
Pb = 2400/4000
Pb = 0,6 g/cm3

lalu P =M/V
      0,6= m/4000
        m = 2400 g/cm3= 2,4 kg
w = Fa
Pb . Vb = Pf . Vf
Pb . 100% = 1000 . 60%
Pb = 1000 . 60% : 100%
Pb = 600 kg/m3

-> p = m/v
600 kg/m3 = m/0,004 m3
m = 600 kg/m3 x 0, 004 m3
= 2,4 kg.

ket : P disini adalah ro bukan simbol tekanan ya.
Terimakasih teman2 :)
sama2 mentari... :D :D :D
okk;;)