karena Akibat Panas dan Rotasi bumi setiap hari.
Jadi KA adalah transportasi yang berjalan di rel.Rel harus dibuat sebaik mungkin agar KA dapat melaju dengan cepat dan nyaman.Salah satunya adalah dengan cara dibuat renggang.Alasan Rel KA dibuat renggang itu karena pemuaian (pemanasan).Pemuaian di rel itu adalah pemuaian zat padat.Pemuaian datang dari panasnya dari gaya gesek kereta (rem kereta) dan panasnya terik matahari.Jika rel tidak dibuat renggang, maka hasilnya rel akan melengkung, bisa membuat kereta bergoyang-goyang atau anjlok

Jawabanmu

2014-03-15T19:39:11+07:00
Karena partikel di dalam rel yang melebar

Maaf kalau salah
Jawaban paling cerdas!
2014-03-15T19:39:33+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ketika besi rel kreta api terkena panas sinar matahari,dia akan memuai menjadi lebih panjang dari yang aslinya.
 
Ketika rel menjadi panas karena sinar matahari maka rel kereta api akan memuai.
Karena itu rel di potong potong supaya ada celah untuk menampung pemuaian , sehingga rel tidak melengkung dan membahayakan kereta api yang lewat.

semoga membantu :)
2 5 2