Jika memang peranan ASEAN menguntungkan bagi indonesia, mengapa sepertinya indonesia belum makmur seperti negara negara ASEAN lainnya ?

2
karena warga indonesia sendiri yang rajin korup,,ambil uang pajak masyarakat
para pejabat tentunya cenderung korup yahh ngga xmuanya shee

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-15T18:50:58+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Karna kita masih jauh tertinggal
ASEAN hanya mengajak kerja sama bukan menjamin kemakmuran indonesia
kemakmuran indonesia kita sendiri yang ciptakan
karna itu sebagai negara demokrasi maka kemakmuran oleh rakyat demi rakyat untuk rakyat
kenapa demikian ? bukankan indonesia memiliki iptek untuk memanfaatkan apa yamg diberikan asean ?
karna sama seperti keamanan suatu negara yang di atur dalam pasal 30 bahwa keamanan adalah tanggung jawab masyarakat dan pemerintah oleh sebab itu kemakmuran berasal dari kita sendiri
memang namun iptek tsb blum memadai karna sekali lagi ASEAN hanya memfasilitasi bkan menjamin
makasih sudah membantu :)
sama2
2014-03-15T19:25:34+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kemakmuran suatu bangsa/negara bukan saja karena suatu lembaga atau kerjasama dengan negara lain, melainkan karena kapasitas pemimpin dan kesadaran rakyatnya. Asean hanya wadah/alat untuk mencapai kemakmuran Indonesia. Tapi, Asean tidak akan berguna bila kita tidak benar2 memanfaatkannya. bila kita(rakyat) hanya terfokus kepada kepentingan pribadi, dan melimpahkan kepentingan umum hanya kepada pemimpin negara, kita tak akan makmur. seharusnya kita juga turut berpartisipasi dengan cara membuka lapangan pekerjaan atau membantu/memakmurkan masyarakat sekitar. jadi, kemakmuran bangsa ini tergantung kita. bukan "itu" dan "mereka"