1. jelaskan proses pembongkaran sel darah merah yang telah rusak didalam hati ?

2. apa yang anda ketahui tentang teknologi dengan metode hemodialisis untuk terapi penyakit ginjal ?

3. mengapa sisa nitrogen pada insecta tidak dikeluarkan semua dari tubuh ?

4. jelaskan perbedaan cara adaptasi menyeimbangkan tekanan osmotik pada ikan air tawar dan ikan air laut ?

5. urine dan keringat merupakan sisa-sisa metabolisme, tetapi urine dan keringat berbeda. coba anda sebutkan perbedaan urine dan keringat dalam hal subtrat yang dikandungnya ?

1

Jawabanmu

2014-03-16T15:28:03+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. sel darah merah/eritrosit yang sudah tua (berumur 120 hr) akan dihancurkan di dalam hati oleh sel makrofag, kemudian hemoglobin dalam eritrosit akan diuraikan kembali menjadi Globulin (akan dimanfaatkan lagi utk membentuk Hb baru dan antibodi), Fe (Fe2+ akan diambil dan disimpan di dalam hati lalu dikirim ke sumsum tulang merah utk membuat Hb dan eritrosit baru), Hemin, Hemin diubah menjadi Bilirubin dan dioksidasi menjadi stercobilin dan urobilin, dan Biliverdin (zat warna empedu yg akan disalurkan ke kantung kemih dan masuk ke pembuluh darah)
2. hemodialisis adalah nama lain dr cuci darah. fungsi dr cuci darah ini adalah untuk mempertahankan kehidupan si penderita sampai fungsi ginjal pulih kembali. istilahnya seperti ginjal buatan dengan mesin yang bernama dialisis. 
4. ikan air laut : urin yg dikeluarkan sedikit dan pekat, banyak minum air
ikan air tawar : urin banyak dan encer, tidak minum air
5. urine : urea, garam terlarut, materi organik
keringat : kandungan utamanya adalah sodium klorida
7 4 7