Jawabanmu

2014-03-15T15:20:48+07:00
Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) Dokuritschu Zombay Kosakae, kalau tidak salah adalah nama Jepangnya di bentuk sebelum kemerdekaan RI. Di sidang Panitia ini pula dibicarakan Pidato Bung Karno tentang Dasar Negara Indonesia.

Jika proklamasi kemerdekaan 17 - 08 -1945 adalah pintu masuk ke negara RI tentu yang harus dipilih adalah MPR masa itu, yaitu KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat).
Tentunya merekalah yang menunjuk Presiden dan Wakil Presiden. NIP ini menurut pengetahuanku.
Karena anggota KNIP ini sangat banyak, maka kemudian dibentuklah BP-KNIP (Badan Pekerja KNIP yang diketuai oleh Sutan Syahrir.
BP kemudian mengusulkan kepada KNIP agar sistem presidensil diganti dg sistem parlementer. Ini disetujui dan ditanda-tangani oleh Presiden dan wakil presiden. Perdana Mentrinya ditunjuk utan Syahrir.

Saya tdk tahu apakah sementara itu PPKI masih berjalan terus, tampaknya tidak. Karena ke lembagaan sdh cukup, apalagi UUD 45 memang sangat supel dan sederhana. Yang dicitrakan ketika itu adalah, bahwa yang penting 'manusia2 pelaksananya'.
Jika demikian secara logis anggota PPKI adalah mereka yang melaksanakan perjuangan kemerdekaan terbuka di hadapan tentara pendudukan Jepang.
Sementra anggota KNIP sudah mencakup tokoh2 yang bergerak di bawah tanah selama masa pendudukan itu.
Situasi tentu mempengaruhi dinamika PPKI dan KNIP di masa itu. Kenyataan sejarah itu yg perlu kita arifi dan mereka semuanya adalah putra2 terbaik bangsa ini, ketika demokrasi untuk pertama kalinya di tata di Indoensia menjelang dan sesudah proklamasi kemerdekaannya.
2014-03-15T15:25:03+07:00
Peranan ppki adalah sebagai - wakil seluruh rakyat indonesia,
-sebagai badan resmi yg berwenang mengesahkan UUD negara
-sebagai badan yg memilih presiden dan wakil presiden
- sebagai badan pendiri negara RI
- sebagai badan tertinggi negara RI