[KIMIA REDOKS DAN LARUTAN ELEKTROLIT]| 100 POIN |

tolong dijawab ya:
1. Mengapa pada jenis senyawa ion untuk lelehan dan larutannya dapat memiliki daya hantar listrik? Mengapa pada padatannya tidak dapat?

2. Mengapa pada senyawa kovalen polar untuk latutan dapat memiliki daya hantar listrik? Mengapa pada padatan dan lelehannya tidak?

3. Mengapaada senyawa kovalen non polar untuk padatan, lelehan, dan larutannya tidak dapat memiliki daya hantar listrik?
(Jawaban terlengkap dan paling jelas akan dijadikan jawaban terbaik)

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-15T13:36:58+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Daya hantar listrik senyawa ion dan senyawa kovalen polar bergantung pada wujudnya.
a. Senyawa ion
• Padatan: Tidak dapat menghantarkan arus listrik. Sebab, dalam padatan, ionionnya tidak bergerak bebas.
• Lelehan: Dapat menghantarkan listrik. Sebab, dalam lelehan, ion-ionnya dapat bergerak relatif lebih bebas dibandingkan ion-ion dalam zat padat.
• Larutan (dalam pelarut air): Dapat menghantarkan listrik. Sebab, dalam larutan, ion-ionnya dapat bergerak bebas.
b. Senyawa Kovalen Polar:
• Padatan: Tidak dapat menghantarkan listrik, karena padatannya terdiri atas molekulmolekul netral meski bersifat polar.
• Lelehan: Tidak dapat menghantarkan listrik, karena lelehannya terdiri atas molekulmolekul netral meski dapat bergerak bebas.
• Larutan (dalam air) : Dapat menghantarkan listrik, karena dalam larutan molekulmolekulnya dapat terhidrolisis menjadi ion-ion yang dapat bergerak bebas. Daya hantar listrik larutan elektrolit bergantung pada jenis dan konsentrasinya.


jadikan yang terbaik yaa
1 5 1
terimakasih banyak, saya jadikan jawaban terbaik kalau no 3 sudah ada yang jawab
cara menandai yang terbaik itu gimana
2014-03-15T14:36:18+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.karena ion penyusun senyawa ion dalam pelarutnya akan bergerak bebas sehingga larutan ion dapat mengahantarkan arus listrik.jika senyawa ion dalam bentuk padatan/kristal-kristal ion-ion tidak dapat bergerak bebas sehingga tidak dapat menghantarkan arus listrik.
2.karena senyawa kovalen polar akan terurai menjadi ion-ion,hal itu terjadi disebabkan oleh ikatan kovalen pada senyawa tersebut akan  mudah putus dalam pelarut air dan menghasilkan ion-ion.
3.karena seyawa kovalen non polar tidak dapat larut dalam air dan juga termasuk golongan larutan non elektrolit
1 2 1