Persilangan antara tanaman bunga warna merah (MM) dengan tanaman bunga warna putih (mm) menghasilkan F₁ tanaman bunga bewarna merah muda. Apabila F₁ disilangkan dengan sesamany kemungkinan akan diperoleh fenotipe F₂ dengan perbandingan.....
a).75% merah dan 25% putih
b).50% merah muda dan 50% merah
c).75% merah muda dan 25%
d).25% merah 50% merah muda dan 25% putih

Tolong jawab dengan penyelesaian lengkap ~Thanks

2

Jawabanmu

2014-03-15T14:17:55+07:00
MM x mm ( merah x putih)
F1 = Mm (merah muda)

Mm x Mm ( merah muda x merah muda)
F2 =  MM, Mm, Mm, mm
jadi kesimpulanya :
MM (merah)= 25%
Mm (merah muda)= 50%
mm (putih)= 25%

 jawaban : D

ty, moga membantu.,
2 1 2
Jawaban paling cerdas!
2014-03-15T14:23:57+07:00
P = Tanaman kacang ercis bunga merah >< Tanaman kacang ercis bunga putih
Genotipe =          MM                                ><                    mm
Fenotipe =        Merah                              ><                   Putih
Gamet =             M.M                                ><                    m.m
Hasil f1 =Mm,Mm,Mm,Mm 
Ratio fenotipe =4/4 X 100% = 100%Mm
Ratio Genotipe =4/4 X 100% = 100% merah muda
p = Tanaman kacang ercis bunga              >< Tanaman kacang ercis bunga
            merah muda                                                    merah muda                        
Genotipe =          Mm                                ><                    Mm
Fenotipe =        Merah   muda                  ><                 Merah muda
Game    t =             M.m                            ><                    M.m
HAsil F2 =MM,Mm,Mm,mm
Genotipe = 3 macam =MM,Mm,mm
Ratio Genotipe = MM               :      Mm            : mm
                        =  1/4 X 100%  :2/4 x 100% :      1/4 x 100%
                        =        25%      :  50%                 :25%
Fenotipe = 3 macam =Merah, merah muda, putih
Ratio fenotipe = Merah            : merah muda    :putih
                        =  1/4 X 100%  :2/4 x 100% :      1/4 x 100%
                         =        25%      :  50%                 :25%