Jawabanmu

2014-03-14T22:46:46+07:00
CH3-CH(I)CH3-CH(I)CH3-CH2-CH2-CH2-CH2-CH2-CH3

TANDA (I)DILETAK KAN DI CH KE 2 DAN KE 3..
:)
bener,tapi untuk yang lebih rinci gimana. mohon bantuannya.
CUKUP DENGAN MENGGAMBAR SEPERTI ITU SAJA..
:)
Jawaban paling cerdas!
2014-03-14T23:00:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
2-metil-2-butena Alkena yang Memiliki Ikatan Rangkap Dua Lebih dari Satu
1.      Periksa jenis ikatannya, jika memiliki ikatan rangkap dua, berarti  senyawa tersebut merupakan senyawa alkena.
2.      Hitung jumlah atom C-nya.
3.      Hitung jumlah ikatan rangkap duanya. Jika jumlah ikatan rangkap duanya = 2, nama senyawa diakhiri dengan akhiran -diena. Jika jumlah ikatan rangkap duanya = 3, nama senyawa diakhiri dengan akhiran -triena.

4.     
Beri nomor setiap atom sedemikian rupa sehingga nomor paling kecil terletak pada dua atau tiga atom C pertama yang terikat ikatan rangkap dua. Kemudian, penamaan senyawa diawali oleh nomor atom C pertama dan kedua/ketiga yang terikat ke ikatan rangkap 2, diikuti tanda (-) dan nama rantai induk. 

5.   Jika terdapat rantai cabang, penamaan rantai cabang seperti penamaan senyawa alkena.
 


lihat gambar 
                                                 a. 1,3-pentadiena
                                                 b. 1,3,5-heksatriena
                                                 c. 2-metil-1,3-pentadiena 


semoga membantu :)




ok kawan, tak coba dulu mempelajarinya.
ok :)
Komentar sudah dihapus