Jawabanmu

2014-03-15T05:55:06+07:00
Proses Fotosintesis Tumbuhan hijau 
menggunakan  gas karbondioksida,  air, dan energi dari sinar matahari untuk membuat makanan  melalui proses fotosintesis. Di dalam sel tumbuhan hijau terdapat organel yang disebut kloroplas. Di dalam kloroplas terkandung klorofil. Daun tumbuhan  nampak hijau karena klorofil menyerap sebagian besar cahaya pada panjang 
gelombang sinar yang tampak, kecuali  gelombang cahaya hijau. Karena sebagian besar panjang gelombang cahaya hijau tidak diserap oleh klorofil, maka akan dipantulkan oleh daun tumbuhan dan diterima oleh mata kita. Sinar yang diserap oleh klorofil memberikan  energi yang diperlukan  untuk fotosintesis.
2014-03-15T13:15:39+07:00
Dalam kloroplas ada 2 transformasi energi, dengan reaksi terang dn reaksi gelap. reaksi terang berlangsung di tilakoid, sementara reaksi gelap di stroma. reaksi terang berlangsung dari penangkapan cahaya oleh fotosistem 2 dan digunakan untuk fotolisis air, dari fotolisis air dihasilkan energi berupa ATP dan NADPH, dan dilanjutkan ke fotosistem 1 untuk disimpan. ATP yang disimpan ini akan digunakan untuk reaksi gelap. reaksi gelap sendiri berlangsung pada malam hari karena tidak butuh cahaya matahari. prosesnya merupakan siklus yang menggunakan ATP dari reaksi terang, yaitu RuBP > PGA > 12 PGAL > dipecah menjadi 10 PGAL dan 2 PGAL. 2 PGAL ini akan menjadi glukosa sebagai cadangan makanan dan energi tumbuhan, sementara 10 PGAL akan kembali menjadi RuBP dan mengalami siklus reaksi gelap lagi. reaksi gelap juga dapat disebut sebagai siklus calvin.
1 4 1