1. jelaskan yg dimaksud dengan dasar negara
2. kemukakan pengertian ideologi
3. tunjukkan inti perbedaan ajaran liberalisme dan sosialisme dalam segi sosial-ekonomi dan sosial-politik
4. mengapa bangsa indonesia tidak menganut salah satu dari ideologi besar dunia?
5. mengapa pancasila disebut sebagai ideologi pemersatu
6. tunjukkan perbedaan dan persamaan antar konstitusi dan UUD
7. sebutkan konstitusi yg pernah berlaku di indonesia beserta dengan masa berlakunya
8. tunjukkan garis besar subtansi sebuah konstitusi
9. menurut pendapat kalian, UUD 1945 hasil amandemen termasuk bersifat kaku taukah fleksibel? berikan alasan yg rasional!
10. kemukakan sikap kalian terhadap amandemen UUD 1945 oleh MPR hasil pemilu 1999
11. Tunjukkan inti teori piramida tatanan hukum (theorie von stufenufbau der recht-sordnung)
12. jelaskan pola hubungan dasar negara dengan konstitusi menurut teori piramida tatanan hukum
13. berikan satu contoh hubungan pancasila dengan UUD 1945
14. tunjukkan isi pokok alinea ke-4 pembukaan UUD 1945
15. dalam amandemen UUD 1945, MPR berpendirian "tidak mengubah Pembukaan UUD 1945". menurut kalian, tepatkan penderian tersebut?jelaskan!

1
maaf ya banyak ga taunya.

Jawabanmu

2014-03-14T18:43:26+07:00
Dasar negara adalah landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang keberadaannya wajib dimiliki oleh setiap negara dalam setiap detail kehidupannya. Dasar negara bagi suatu negara merupakan suatu dasar untuk mengatur semua penyelenggaraan yang terbentuk dalam sebuah negara. Negara tanpa dasar negara berarti negara tersebut tidak memiliki pedoman dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, maka akibatnya negara tersebut tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, sehingga memudahkan munculnya kekacauan. Dasar negara sebagai pedoman hidup bernegara mencakup norma bernegara, cita-cita negara, dan tujuan negara. Dasar negara merupakan suatu norma dasar dalam penyelenggaraan bernegara. Sebagai suatu konsep norma hukum tertinggi atau sumber dari segala sumber hukum dalam suatu negara yang berintikan seperangkat nilai yang bersifat menyeluruh dan mendalam sebagai fandemen yang kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup serta cerminan dari peradaban, kebudayaan, keluhuran budi dan kepribadian yang tumbuh dalam sejarah perkembangan suatu negara dan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Ideologi Adalah Gagasan,pendapat Atau Ide-ide Pokok Yang Di Sampaikan Oleh Seorang Untuk Mengatur Jalannya Pemerintahan.