Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-14T18:35:42+07:00
Ciri-ciri :
Tanaman perdu ini mempunyai tinggi rata-rata 2-3 m dengan cabang-cabang agak lunak, daun tersusun selang-seling pada satu tangkai, berbentuk lonjong sampai bundar dengan panjang 2,5 cm, dan lebar 1,25-3 cm, dengan jumlah yang cukup banyak, memiliki buah yang kecil berwarna putih yang menempel pada cabang dan rantingnya. Habitatnya, tumbuh liar di hutan-hutan dan ladang. Bagian yang berkhasiat adalah daun dan akarnya.
Kandungan yang terdapat pada daun katuk:
~ Vitamin A yang terkandung dalam katuk dipercaya membantu mencegah gangguan mata, membantu pertumbuhan sel, sistem kekebalan tubuh, reproduksi, serta menjaga kesehatan kulit. 
~ Kalsium yang terkandung dalam katuk bisa mencegah Osteoporosis.
~ Daun katuk mengandung efedrin yang sangat baik bagi penderita influenza. Kandungan zat besi yang cukup tinggi tentunya dapat mengatasi anemia.
~ Daun katuk mengandung senyawa yang berfungsi untuk membentuk kolagen. Kolagen adalah protein berserat yang berfungsi sebagai pembentuk jaringan ikat tulang, pengangkut elektron danlemak. Kolagen juga berfungsi sebagai pengatur level kolesterol, penjaga kesehatan gusi, pemacu imunitas dan penyembuh luka, kolagen juga dapat meningkatkan kerja otak.
Khasiat :
1. Melancarkan ASI
2. Meredakan/Menurunkan Demam
3. Mengatasi Sembelit
4. Menyembuhkan Borok / Bisul
5. Pewarna Alami Bahan Makanan

4 4 4
2014-03-14T18:38:42+07:00
Katuk termasuk salah satu anggota famili Euphorbiaceae. Masyarakat sumatera biasanya menyebut dengan nama simani dan cekop manis. Katuk merupakan tanaman perdu dengan tinggi antara 2,5-5 m. Banyak manfaat yang dapat diambil dari daun katuk, diantaranya:
Sebagai sumber gizi. Kandungan gizi daun katuk muda setara dengan daun singkong, daun pepaya dan sayuran lainnya. Daun katuk juga mengandung vitamin A.Sebagai tanaman obat. Katuk mengandung beberapa senyawa kimia seperti : alkaloid, papaverin, protein, lemak, vitamin, mineral, saponin, flavonoid dan tanin.Sebagai pewarna makanan. Sari daun katuk yang sudah diperas bewarna hijau yang dapat digunakan sebagai pewarna makanan.Khasiat daun katuk adalah melancarkan asi baik dengan cara dilalap atau diminum air rebusannya. Selain itu dapat juga digunakan untuk mengobati demam, bisul dan borok
1 3 1