Jawabanmu

2014-03-14T18:22:50+07:00
Seismonasti atau Thigmonasti

Gerak seismonasti adalah gerak yang disebabkan oleh getaran atau sentuhan. Misalnya, gerak membuka dan menutupnya daun atau putri malu (Mimosa pudica) jika disentuh atau bergetar. Jika ujung daun putri malu disentuh maka akan terjadi aliran air yang menjauhi daerah sentuhan. Adanya aliran air ini menyebabkan kadar air di daerah sentuhan berkurang, sehingga tekanan turgornya mengecil. Akibatnya daun putri malu akan menutup dan tampak seperti layu.Jika dibiarkan beberapa saat daun akan membuka kembali, karena air mengalir kembali ke daerah sentuhan. Lamanya waktu menutup tergantung pada suhu dank eras halusnya getaran.Arah gerak menutupnya daun putri malu adalah tetap, walaupun pusat rangsangnya diubah.

Niktinasti atau gerak tidur

Gerak menutupnya daun berbuah polongan (Leguminosae) karena pengaruh gelap atau menjelang malam merupakan contoh gerak niktinasti. Seperti halnya pada gerak seismonasti, gerakan juga disebabkan karena menurunnya tekanan turgor sel-sel pada daerah persendian tangkai daun. Menurunnya tekanan turgor ini disebabkan karena terjadinya perubahan susunan kimia pada sel-sel tersebut karena pengaruh perubahan suhu.
2014-03-14T18:23:02+07:00
Perbedaan nya itu pada rangsangan yg diberikan.. kalo seismonasti rangsangannya sentuhan tp kalo niktinasti kayanya sih gelap
thanks'atas jawabannya:)
oke.. gud luck ya