Jawabanmu

2014-03-14T17:18:21+07:00
Sangat baik 
Negara Inggris adalah Negara besar yangmemiliki pengaruh tersendiri terhadap Negara-negara lain terutama Negara berkembang danNegara miskin. Dalam bidang sosial, politik, hukum,dan budaya. Inggris dapat dikatakan beradadipuncak kualitas dari masing-masing aspektersebut.Dalam bidang politik, terutama dilihat darisistem pemerintahannya, Inggris menjadi salah satuNegara yang menjadi panutan dalam pelaksanaansistem pemerintahan. Dalam hal ini, Inggrismemiliki pengaruh dan ilmu tersendiri terhadapsistem pemerintahan parlementer. Oleh karena itu,Inggris disebut the mother of parliaments .Banyak Negara-negara berkembang yangmengikuti sistem pemerintahan seperti yangdilakukan Inggris. Namun, pada kenyataannyasistem pemerintahan tersebut tidak akan terlaludapat diaplikasikan terhadap Negara yangbersangkutan. Maka, sistem pemerintahan yangdiambil dari sistem pemerintahan Inggris lama-kelamaan akan terus dikembangkan oleh Negarayang bersangkutan agar dapat dilaksanakan secaraoptimal oleh Negara tersebut.Berbeda dengan Negara yang mengaplikasikansistem pemerintahan Inggris, ada juga Negara-negara yang termasuk Persemakmuran Inggrisdimana Negara tersebut benar-benar berkaitanlangsung dengan sistem pemerintahan yangditegakkan oleh Inggris
Setiap Negara terutama masyarakat danpemerintahnya pasti menginginkan sistempemerintahan yang baik bagi negaranya. Namuntidak semua dapat dilakukan. Intinya, setiapNegara yang berpikiran secara kritis akan terusmengembangkan sistem pemerintahan yang terbaikdan berusaha untuk meminimalisir kelemahan-kelemahan yang terdapat pada sistem pemerintahantersebut. Atau mungkin dapat mengambil hal-halyang positif dari berbagai sistem pemerintahan dandapat membuat sistem pemerintahan sendiri yangberguna dan dapat dilaksanakan secara penuh dankeseluruhan.
 Inggris adalah sebuah negara kesatuan (Unitary State) dengan sebutan United Kingdom yang terdiri dari: England, Wales, dan Irlandia Utara.Pemerintahannya berbentuk Monarki dan sistem kenegaraan yang terdesentralisasi. Negara Inggris menganut sistem pemerintahan parlementer dimana kekuasaan pemerintah terdapatpada perdana menteri dan menteri (bisa juga disebut kabinet). Sedangkan kekuasaan sebagai kepala negara berada di tangan Ratu. Seperti teori dari sistem pemerintahan parlementer, Ratu tidak mempunyai kekuasaan politik karena Ratu hanya berperan sebagai simbol kedaulatan dan persatuan negara.
Negara yang terbentuk pada 1 Mei 1707 ini menerapkan sistem pemerintahan parlementer dengan bentuk pemerintahan monarki konstitusional (monarki parlementer). Kekuasaan legislatif berada di tangan parlemen atau biasa disebut House of commons dan House of Lords. Di negara ini yang berhak untuk membubarkan parlemen adalah badan eksekutif yang anggotanya terdiri dari Raja/ratu serta kabinet. Negara Inggrs ini juga menerapkan sistem dua partai (two party system), yaitu partai konservatif dan partai buruh. Kedua partai ini selalu bersaing.