1. apakah yang menyebabkan belanda melakukan agresi militernya yang pertama tahun 1947 ??
2. apakah tujuan dibentuknya komisi konsuler di indonesia oleh PBB? adakah manfaat yang diperoleh bangsa indonesia dari komisi tersebut?
3. jelaskan peran KTN dalam membantu penyelesaian konflik indonesia - belanda!
4. apa arti penting keberadaan PDRI bagi negara indonesia
5. mengapa TNI melancarkan serangan umun 1 maret 1949 terhadap kota yogyakarta? apa pengaruhnya bagi perjuangan bangsa indonesia?

1

Jawabanmu

2014-03-14T17:01:13+07:00
4. PDRI mrpkn awal prjuangan partai demokrasi yang sangat mendukung upaya mempertahankan kemerdekaan.
ketika belanda hendak mengambil indonesia PDRI menjamin Soekarno agr ttap aman agr tdk dculik
1. 
Pada tanggal 15 Juli 1947, van Mook mengeluarkan ultimatum supaya RI menarik mundur pasukan sejauh 10 km. dari garis demarkasi. Tentu pimpinan RI menolak permintaan Belanda ini.Tujuan utama agresi Belanda adalah merebut daerah-daerah perkebunan yang kaya dan daerah yang memiliki sumber daya alam, terutama minyak. Namun sebagai kedok untuk dunia internasional, Belanda menamakan agresi militer ini sebagai Aksi Polisionil, dan menyatakan tindakan ini sebagai urusan dalam negeri. Letnan Gubernur Jenderal Belanda, Dr. H.J. van Mook menyampaikan pidato radio di mana dia menyatakan, bahwa Belanda tidak lagi terikat dengan Persetujuan Linggarjati. Pada saat itu jumlah tentara Belanda telah mencapai lebih dari 100.000 orang, dengan persenjataan yang modern, termasuk persenjataan berat yang dihibahkan oleh tentara Inggris dan tentara Australia.
14 3 14