Jawabanmu

2014-03-14T16:48:29+07:00
hutan=kawasan pepohonan yang tumbuh bersama keanekaragaman hayati lainnya.
kehutanan=suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungan ,yang satu dgn lainnya tdk dpt dipisahkan.
contoh=
-penebangan hutan
-pengambilan SDA hutan

2014-03-14T16:49:45+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
KELESTARIAN HUTAN PERLU DI JAGADengan semakin berkurangnya kawasan hutan di Indonesia atau bahkan di dunia mempengaruhi pemanasan  global (global warming) serta perubahan iklim. Sebagai manusia yang menempati bumi ini kita perlu menjaga kelestarian hutan dan bukan hanya memanfaatkan hasil hutan, dengan berbagai cara.Semua ekosistem yang ada di dalam hutan seperti flora maupun fauna perlu dilestarikan karena mempunyai berbagai fungsi yang berpengaruh di alam ini.Kita sebagai manusia yang hidup di bumi ini wajib untuk menjaga kawasan hutan seperti penanaman pohon(reboisasi) supaya mengurangi dampak bencana alam banjir, tanah longsor gempa bumi yang sekarang sering kita alam ,itu disebabkan banyaknya exploitasi pohon penebangan dan pengangkutan kayu untuk membuka kawasan hutan dalam berbagai kepentingan ekonomi seperti industry mebel, hiasan,dan lainya.Karena sebenarnya jika kita hendak menebang pohon haruslah ada izin pengangkutan kayu yang sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku. Banyak sekali penebangan hutan secara liar yang juga menyebabkan rusaknya ekosistem yang ada didalamnya yaitu flora tanaman-tanaman langka seperti bunga anggrek dan raflesia.Dan juga fauna (binatang) satwa yang tinggal di dalam hutan tersebut. Seperti harimau sumatera, Badak jawa yang mempunyai ciri khas bercula satu, gajah sumatera, orang hutan,serta burung-burung langka yaitu cendrawasih, jalak bali kepodang dll, yang perlu dijaga kelestarian nya supaya habitatnya tidak punah. Perburuan satwa liar untuk hiasan dan kepentingan perorangan mengakibatkan semakin berkurangnya habitat satwa yang dilindungi. Adanya pembukaan lahan industry untuk pertambangan ,perkebunan ,tempat wisata sangat menggangu kehidupan satwa yang tinggal dihutan sehingga terusik dan mereka mencari tempat yang lebih baik tetapi tidak ada dan lari ke permukiman penduduk. Contohnya gajah lampung yang kerap kali merusak lahan pertanian pendudukyang menyebabkan para petani di tempat tersebut mengalami kerugian yang cukup besar.Ekosistem hutan perlu dijaga kelestarian nya karena berfungsi cukup besar untuk kelestarian alam kita semua.