Bantu jawabin Kimia dong :)

1. Tentukan bil.oksidasi atom cetak tebal dalam senyawa berikut!
a. Mn O^{2-} _{4}
b. Cr(OH)^{4-}
c. Na_{3}PO_{4}
d. MgC O_{3}

2. Dari beberapa unsur, ion, atau senyawa berikut, tentukan dua pasang unsur, ion, senyawa yang terdiri atas bromin dgn bil.oksidasi sama!.

a. Br
b. BrO
c. HBr
d. Br O^{-}_{4}
e. HBr O_{3}
f. Br_{2}
g. Br_{2}O
h. HBrO_{2}

2
No 1 yang cetak tebal
a. Mn
b.Cr
c. P
d. C

Tolong dengan penjelasannya :)
nomer 1 yang c) +5 kalau yang d)+4 tadi salah sorry

Jawabanmu

2014-03-14T07:59:38+07:00
1 a)+6
   b)+8
   c)+4
   d)+6
nomer 2 gue gak tau maaf yah
Jawaban paling cerdas!
2014-03-14T14:03:52+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal
1. Tentukan bil.oksidasi atom cetak tebal dalam senyawa berikut!
a. Mn
b. Cr
c. P
d. MgC

2. Dari beberapa unsur, ion, atau senyawa berikut, tentukan dua pasang unsur, ion, senyawa yang terdiri atas bromin dgn bil.oksidasi sama!.

a. Br
b. BrO
c. HBr
d. Br
e. HBr
f. B
g. BO
h. HBr

pembahasan
a. MnO4^2- = 1 bilok Mn + 4 bilok O2- = 6+
b. Cr(OH)^4- =biloks Cr + (4 biloks O) + (4 biloks H) = 3+
c. Na3PO4 
bilangan oksidasi Na = +1, dikli menjadi = +3 
bilangan oksidasi O = -2, dikli menjadi = -8 
karena hasil muatannya = 0 
berarti jika dijumlahkan Na3PO4 ( 3 + ..... + (-8) = 0) 
jadi, bilangan oksidasi P = +5
d. 
MgCO3 --- > Mg^2+ + CO3^2+ 
CO3^2- 
biloks O = -2*3 - (-2) = -6+2 =-4 
biloks C = 0 - (-4) = +4

No 2 pembahasan
Ingat, bilangan oksidasi (biloks) O = -2, dan H = +1, dan yang unsurnya satu = 0 
dan liay hasil muatannya, apakah nol atau ada muatan. 
a) Br (biloks Br = 0
b) BrO- (Biloks O =-2, karena muatannya = -1, Berarti Biloks Br = +1) 
c) HBr (biloks H = +1, berarti Biloks Br = -1
d) BrO4 - (biloks O = -2, dikli koefisiennya, jadi = -8, karena muatannya = -1, berarti biloks Br = +7) 
e) HBrO3 (biloks H = +1, Biloks O =-2, dikli menjadi -6, berarti biloks Br = +5) 
f) Br2 (biloks = 0, karena hanya satu unsur dan tidk memiliki muatan) 
g) Br2O (biloks O = -2, berarti boloks Br = +2, karena memiliki koefisien 2 berarti dibagi 2 jadi = +1
h) HBrO2 (biloks H =1, biloks O =-2 dikli menjadi = -4, berarti biloks Br = +3) 


jadi  Br = 0  sama dengan Br2 = 0
       BrO- = +1  sama dengan Br2O = +1 

Semoga membantu :) D