Jawabanmu

2014-03-13T21:39:13+07:00
PJ : penjual
PB: Pembeli

PB : Mas saya mau membeli sesuatu.
PJ : Ya, silahkan bu ada yang saya bisa bantu?
PB: saya mau membeli tas mas untuk anak saya sekolah, ada tidak?
PJ: oh ada bu, ibu mau yang warna apa dan bergambar apa?
PB: duh, warna apa ya? (berfikir) ah yang gambar spiderman saja tuh mas.
PJ: oh yang itu bu? sebentar ya saya ambilkan.
PB: bagus nih mas, berapa ya harganya?
PJ: wah kalau yang itu sih 100ribu saja bu.
PB: wah, mahal sekali mas. 50 ribu saja ya?
PJ: maaf bu tidak bisa, saya tidak dapat untung kalau segitu 90ribu saja bu.
PB: yah mas masih kemahalan kalau harganya segitu, 60ribu saja deh.
PJ: aduh tidak bisa bu, paling murah saya kasih sama ibu 85ribu deh bener bu.
PB; 70ribu deh mas terakhir penawaran saya, kalau tidak mau saya pergi saja.
PJ: eh jangan ibu yasudah 75ribu deh ini saya sudah banting harga buat ibu.
PB: yasudah mas 75ribu ya?
PJ: yasudah bu 75ribu.
PB; baik ini mas uangnya (memberi uang).
PJ: baik, terimakasih ya ibu.
PB: sama-sama mas.
4 4 4
2014-03-13T21:42:47+07:00
Penjual : Gmorning, mam selamat pagi
pembeli : selamat pagi
penjual : mau beli apa ? (1-3 orientasi)

pembeli : ada patung Garuda Wisnu Kencana yang dibuat dari kayu ?
penjual : ya, ada. di sebelah sana, yang besar atau yg kecil ?
             (penjual menunjukan patung yg di tanyakan)
pembeli : yang sedang saja, yang di bat dari kuningan ada ? (4-6 permintaan)

penjual : ya, ini tdk terllu besar, tetapi dibuat dari kayu, yang kuningan habis
pembeli : ya, dari kayu tidak apa2
penjual : bagus itu mam. cocok untuk di pakai sndri atau suvenir. (6-9pemenuhan)

pembeli : saya pakai sendri. harga nya brpa ?
penjualan : 300rb
pembeli : wah, mahal banget. dua ratus ribu ya ??
penjual : blm boleh. 285rb ini sudah murah mam. di tempat lain lebih mahal.
pembeli : tdk mau . kalau boleh 250rb
penjual : belum boleh, naik sdkit mam
pembeli : 270rb (10-16 penawaran )

penjual : ya sebenarnya ini blm boleh, tapi untuk nyonya boleh. mau beli apa lagi ? (persetujuan)

pembeli : tidak, itu saja. ini uangnya (pembelian)

penjual : ya, terimakasih
pembeli : terimakasih bye bye
penjual : have a nice day(19-21 penutup)
1 5 1