1. jelaskan mengapa sumpah pemuda merupakan tonggak sejarah yang penting bagi berdirinya negara kesatuan republik indonesia?
2. jelaskan mengapa antara pemuda dan Ir. Soekarno terjadi ketegangan sebelum pelaksanaan proklamasi kemerdekaan?
3. sebutkan nama proklamasi kemerdekaan bagi bangsa indonesia?
4. sebutkan tujuan negara kestuan republik indonesia?

2
1.karena sumpah pemuda merupakan pemersatu bangsa indonesia, bahwa negara indonesia adalah satu.
2. karena golongan muda ingin proklamasi dibacakan dengan segera. sedangkan golongan tua tidak ingin, karena takut akan terjadinya pertumpahan darah (perang)

Jawabanmu

2014-03-13T20:50:40+07:00
4. kemudian dari pd itu untuk membentuk suatu pemerintah negara indonesia yg melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah indonesia.
Jawaban paling cerdas!
2014-03-13T20:52:28+07:00
Tau nya soal nomer 4 nih :)
ada di pembukaan uud 1945 alenia 4
yaitu untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,
1 5 1