Jawabanmu

2014-03-13T19:02:31+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
-teks prosedur kompleks : sebuah prosedur yg terdiri atas banyak langkah langkah.
-teks pidato :teks yg dibuat untuk kegiatan berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapatnya

Maaf kalau salah
2 4 2
2014-03-13T19:10:02+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sebelum membandingkan teks prosedur kompleks dengan teks lain, Anda harus tahu dulu apa yang akan dibandinngkan. Pada kesempatan ini yang akan kita bandingkan adalah antara  teks prosedur kompleks dengan teks lain, seperti teks naratif, pidato dan lain-lain.

Dalam membandingkan teks prosedur kompleks dengan teks lain yang harus dibandingkan:
a. Perbedaan
b. Persamaan
c. dan ciri kebahasaan yang terdapat di kedua teks tersebut.

Baca teks berikut ini dengan hati-hati!
Teks 1
Pagi-pagi dia sudah menyambutku dengan sekitar mawar putih dan kuning. Dan kami berpandangan. Sepasang mata yang sudah amat kukenal itu berbinar binar, penuuh kasih. Aku tersipu.Jantungku berdekup kencang. Perasaan seperti ini hampir tak pernah lagi kurasakan akhir akhir ini, sejak aku mulai pacaran dengannyya dua tahun silam.

Yang pasti, ini bukan apa yang disebut cinta pada pandangan pertama. Sebelum pacaran dengannya, akuu sudah cukupp baik mengenalnya, tanpa perasaan istimewa kalau tidak aneh bak seniman tangguung, tentu agak peminimlah. Untunglah dia termasuk kategori yang  perttama.  Tak apa-apalah.
Pada mulanya dulu, telingaku sering mendengar gosip bahwa dia naksir aku. Ah, apa iya? Aku tak terlalu berminat pada gosip semacam ituu. Kalau saja masih muda seperti dulu ( aku sudah merasa tua sekarang), tentu sudah kudatangi  dia "dan kusemprot habis habisan. Tapi.. Ah harus kuakui kalau aku lalu jadi mulai  memperhatikannya . Paling tidak, aku  ingin tahu seperti apa lagi sih, orang yang naksirr padaku kali ini. Aha, seorang lelaki muuda, jangkung, agak  kurus,  ddan berambut ikal.("Suddah Dua Tahun", Tina Savitri).
Pembahasaan
Setelah membaca teks di atas,  ada kesemaan antara teks di atas  dengan teks prosedur kompleks. Kesamaanya adalah  keduanya tersusun secara kronologis atau berdasarkan uruttan waktu. Hal ini tampak pula dalam contoh di  atas, penggunakann kata-kata yangg mmeruujuk pada keterangan waktu, seperti pagi-ppagi, akhhir-akhhir ini, sejak......, sebelum......pada mulanya......hal ini merupakan ciri lain pada teks proseduur kompleks.

Cuplikan teks di atas tidak tergolong ke dalam teks prosedur kompleks. Lebih tepatnya teks di atas merupakan bagian dari cerpen. Sebab didalamnya tidak terkandung petunjuk atau langkah-langkah pelaksanaan kegiatan, melainkan unsur-unsur yang biasa terkandung dalam cerpen, yakni latar, penokohan, alur, dan sudut pandang.

Teks 2
1. Kartu ATM adalah salah satu fasilitas penting bagi nasabah sebuah bank. Dengan kartu ATM, seorang nasabah bisa dengan mudah melakukan transaksi penting melalui ATM itu, antara lain, adalah a.Transfer uang antarbank b. penarikan uang tunai c. pembayaran tagihan d. pengecekan salddo tabungan e. Belanja atau pembayaran di kasir di tempat tempat tertentu f. pengisian pulsa telepon seluler g. pembayaran tiket pesawat
2. Perhatikan panduan ini baik-baik agar tujuan menggunakan ATM tercapai.
3. Setelah memasuki ruanng mesin ATM, masukkan kart  ATM  (lihat jangan sampai terbalik, bagian sisi kiri yang harus dimasukkkan terlebih dahulu). Pada kartu ATM tertentu biasanya ada tanda panah. Tanda panah itulah sisi yang harus dimasukkan terlebih dahulu.Setelah memasukkan kartu ATM, tunggu sampai layaar meminta pilih bahasa. Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia, pilih bahasa Indonesia. Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia. Kemudian Anda masukkan nomor PIN rahasia Anda setelah di layar tertera masukkan PIN Anda. Pastikan jangan sampai ada yang mmengintip, sebaiknya rapatkan tubuh Anda ke ATM. Setelah memasukkan PIN dengan benar, pilihlah transaksi yang diinginkkan dengan menekan tombol yang ada di sisi layar lurus dengan menu transaksi yang ingin dipilih, misalnya penarikan tunai atau trannsaksi lainnya. Untuk melihat layanan transaksi yang lain. Ikuti perintah selanjutnya sesuai dengan yang tertera di layar. Masukkann jumlah uang yang inggin ditarik,  jika Anda ingin mmenarik uang. 
4. Jika transaksi selesai, jawablah pertanyaan bahwa Anda selesai bertransaksi sesuai dengan menu yang tertera di layar. Tunggu sampai keluar kertas bukti transaksi dan ambil. Pada transaksi  penarikan uang.  Adakalanya mesin ATM tidak mengeluarkan tandda bukti. Perhatikan saja keterangan yang tertera di layar. Setelah itu, kartu akan keluar dengan sendirinya. Ambil kartu Anda dan transaksi berhasil.