Sebanyak 2,7 gram almunium di larutkan ke dalam 500ml asam sulfat 2M (encer).
a) tentukan volume gas yang terbentuk jika diukur pada 27°C takaran 1 atm
b) Tentukan volume NaOH 1 M yang digunakan untuk menetralkan kelebihan H2SO4 (ar Al = 27)

2

Jawabanmu

2014-03-13T16:58:23+07:00
NAl =  \frac{massa}{Ar} = \frac{2,7}{27} = 0,1
R = 0,082
T = 30 + 273 = 300
PV = nRT
V =  \frac{nRT}{P}
V =  \frac{0,1 x 0,082 x 300}{1} =2,46 L

Rumus penetralan
mol asam = mol basa
V asam x Molaritas asam = V basa x Molaritas basa
500 x 2 = V basa x 1
V basa = 1000 ml
V NaOH = 1000 ml
o yaya sorry hehe
@lailawahyu92 mohon maaf yang sebesar-besarnya ya atas kekeliruan jawaban saya. tadi jawabnya buru-buru dan tidak diperiksa lagi. maaf ya saya salah
@prasetya terima kasih atas koreksinya. sangat membantu :)
tidak apa-apa, semua orang juga bisa salah, yang terpenting, kamu sudah mengerti, dan kita bisa berbagi ilmu disini.
@pungkiyunita , iya nggapapa :D
Jawaban paling cerdas!
2014-03-13T17:38:01+07:00
Dik
Massa Al = 2,7 gram (Mr = 27)   mol = 2,7/27 0,1 mol 
V H₂SO₄ = 0,5 L [2 M]    mol = 2 x 0,5 = 1 mol
(berdasarkan perhitungan Stoikiometri)
Pertama kita buat persamaan Reaksinya
               2Al       +        3H₂SO₄       =====>      Al₂(SO₄)₃      +     3H₂
Mula       0,1 mol            1 mol
Reaksi   -0,1 mol           -0,15 mol                       + 0,05 mol          + 0,15 mol
Sisa            -                 0,85 mol                         0,05 mol             0,15 mol

Nah jawaban sebelumnya, dia malah menghitung Al nya, dan Al bukanlah gas, dari reaksi diatas diketahui bahwa gas yang dihasilkan adalah gas hidrogen (H
₂)

Sehingga Volume gas H₂ pada suhu 27°C dan 1 atm
V =  \frac{nRT}{P}  \frac{0,15 mol x 0,082 L.mol^-^1.K^-^1 x 300^oK}{1 atm}
V = 3,49 Liter gas H₂

Berapa volume NaOH yang dapat menetralkan H₂SO₄ yang berlebih?
kita tahu bahwa penetralan berlaku rumus
V₁ . N₁   =   V₂   .   N₂ anggap 1 mewakili NaOH dan 2 mewakili H₂SO₄
V₁ . (1 x 1M) = (0,85/2M) . (2 x 2M)
cat : volume H₂SO₄ didefinisikan Mol H₂SO₄ dengan Molaritasnya, yaitu 0,85 mol/ 2M = 0,425 liter
N adalah hasil kali antara molaritas larutan dengan jumlah H⁺ / OH⁻ pada larutan

V₁ =  \frac{0,425 liter x 4 M}{1 M} = 1,7 liter

Hati-hati dalam menjawab soal, kita harus pahami dulu apa masalahnya agar kita tidak keliru dalam menyelesaikannya

Semoga Membantu!!!
terima kasiih pak sangat membantu sekali
jagan panggil bapak, usia saya masih 17 tahun hihiihi
hehehe maaf mas , tak kirain dah dwsa, lha pinter bgt.. :D