Dari sebuah deret Aritmatika diketahui bahwa jumlah 4 suku pertama, S4=17 dan S8 = 58. Maka suku pertama deret tersebut adalah?

2
Itu bisanya di PC kok bukan di hp, wkwkwk
-_- sorry bro.
-_- memangnya sejak kapan aplikasi itu berpindah ke pc?
entah, soalnya itu app yang didesain khusus PC, kalau di hp yang ada memorinya koit
:D sesuatu banget tuh app

Jawabanmu

2014-03-13T14:07:49+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Kalo Jawaban ini membantu jangan lupa jadikan solusi terbaik ya :)

a + (a + b) + (a + 2b) + (a + 3b) = 17 
4a + 6b = 17 ....(1) 

S8 = 58 -->
1/2.8(a + a + 7b) = 58 

4(2a + 7b) = 58 
8a + 28b = 58 .....(2) 

Eliminasi : 
4a + 6b = 17 .... x14 
8a + 28b = 58... x3 

Menjadi : 
56a + 84b = 238 
24a + 84b = 174 
------------------------ - 
32a = 64 
a = 64/32 
a = 2 

Jadi suku pertama adalah 2 
2 5 2
Sok idol dah wkwk
Yang penting caranya masuk akal, rapi itu urusan belakangan=))
yo gue woles aja~
Yoii
gw juga bray ~
Jawaban paling cerdas!
2014-03-13T14:07:55+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
S₄ =  \frac{4}{2}(2a+3b) = 17
S₈ = \frac{8}{2}(2a+7b)=58

4a+6b = 17
8a+28b = 58
menggunakan cara eliminasi
didapat b =  \frac{3}{2}

masukkan b ke dalam salah satu persamaan
4a + 6 ( \frac{3}{2} ) = 17
4a = 8
a = 2
suku pertama = 2
7 4 7