Kerajaan Singhasari atau sering pula ditulis Singasari atau Singosari, adalah sebuah kerajaan di Jawa Timur yang didirikan oleh Ken Arok pada tahun 1222. Lokasi kerajaan ini sekarang diperkirakan berada di daerah Singosari, Malang.
Pada tahun 1254 terjadi perseteruan antara Kertajaya raja Kadiri melawan kaum brahmana. Para brahmana lalu menggabungkan diri dengan Ken Arok yang mengangkat dirinya menjadi raja pertama Tumapel bergelar Sri Rajasa Sang Amurwabhumi. Perang melawan Kadiri meletus di desa Ganter yang dimenangkan oleh pihak Tumapel.Nagarakretagama juga menyebut tahun yang sama untuk pendirian Kerajaan Tumapel, namun tidak menyebutkan adanya nama Ken Arok. Dalam naskah itu, pendiri kerajaan Tumapel bernama Ranggah
pendiri kerajaan Tumapel itu bernama Ranggah ya?

Jawabanmu

2016-10-28T20:38:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Asal mula Kerajaan Singasari adalah Ken Arok.
Ken Arok adalah anak petani di desa Pangkur, Malang. Melalui Lohgawe, Ken Arok diabdikan kepada bupati Tumapel. Lama-kelamaan, Ken Arok ingin memperistri istri dari bupati Tumapel. Caranya adalah dengan membunuh bupati Tumapel, Tunggul Ametung. Setelah itu, Ken Arok menjadi penguasa di Tumapel dan memperisti Ken Dedes yang sedang hamil 3 bulan.

Tahun 1222 M, Ken Arok menyerang ke Kediri, didukung para pendeta. Setelah itu, Kerajaan Kediri dapat ditaklukan dan kemudian disatukan dengan Tumapel, lalu lahir Kerajaan Singasari.
1 5 1