Definition and purposes of Explanation
Explanation is a text which tells processes relating to forming of natural, social, scientific and cultural phenomena. Explanation text is to say 'why' and 'how' about the forming of the phenomena. It is often found in science, geography and history text books.
explanation text sebagai sesuatu teks yang di isi perihal proses-proses yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, soisal, ilmu dan pengetahuan, budaya serta yang lain. sesuatu explanation text rata-rata datang dari pertanyaan penulis tentang ‘why’ serta ‘how’ pada satu fenomena yang ada.

Jawabanmu

2014-01-12T10:53:55+07:00
Pengertian Explanation Text 

Sesuai dengan namanya, explanation text adalah sebuah tulisan yang memberikan penjelasan terperinci tentang beragam hal yang ada di sekitar kita, mulai dari bencana alam, budaya, seni, ilmu pengetahuan dan hal-hal menarik lainnya. Untuk membedakan explanation text dengan tulisan lainnya adalah bahwa biasanya explanation text digunakan untuk menjawab pertanyaan "how" dan "why". Pertanyaan-pertanyaan tersebut misalnya : "How Rainbow is Formed", "How Volcano Eruption is Occur" dan beberapa pertanyaan lainnya.
2014-01-12T10:57:09+07:00
Explanation text merupakan karangan yang menjelaskan mengapa dan bagaimana sebuah fenomena terjadi.

ciri cirinya :
1. Menjelaskan bagaimana dan mengapa suatu fenomena terjadi.
2. Bagian awal menjelaskan apa yang akan disampaikan dalam teks.
3. Paragraf berikutnya menjelaskan secara berurutan apa yang disampaikan pada bagian awal.
4. Bagian akhir adalah kesimpulan.
5. Menggunakan present tense untuk menjelaskan kebenaran umum. Teks berbentuk non fiksi.