Jawabanmu

2014-03-13T08:41:30+07:00
Stomata akan membuka pada saat ada cahaya matahari dan tertutup pada saat tidak ada cahaya matahari
Jawaban paling cerdas!
2014-03-13T08:41:38+07:00
Sebagian besar proses transpirasi pada 
tanaman lewat stomata, stomata bagian 
terbesar berada pada permukaan bawah daun 
yang memungkinkan terjadinya pertukaran gas 
antara yang ada dalam jaringan daun dan di 
udara. Lubang stomata ini merupakan jalan utama untuk transpirasi, mengingat epidermis 
bawah dan atas dilapisi oleh lilin sebagai lapisan 
kutikula yang mengandung bahan lemak dan 
merupakan penghalang untuk transpirasi. 
Membuka dan menutupnya stomata penting 
bagi proses asimilasi CO2 dan juga keseimbangan air dalam tanaman. Membuka 
menutupnya stomata tergantung pada 
perubahan turgor sel penjaga (sel stomata). 
Turgor yang tinggi menyebabkan stomata 
membuka sebaliknya turgor yang rendah akan 
menyebabkan stomata menutup. Suatu penelitian menunjukkan bahwa turgor sel 
penjaga berkaitan dengan metabolisme 
penyerapan ion, terutama K+. Meningkatnya 
konsentrasi K+ pada sel penjaga, stomata 
membuka lebih lebar sebaliknya ketika menutup 
tidak terjadi akumulasi K+. Mekanisme membuka menutupnya stomata 
terutama tergantung pada akumulasi K+ pada 
sel stomata dan bukan semata-mata oleh 
adanya hidrolisa amilum menjadi gula 
sebagaimana dipercaya selama ini, hidrolisa 
amilum ini hanya faktor sekunder. Untuk akumulasi K+ ini disediakan sebagian oleh 
vakuola sel lateral dan sebagian lagi oleh sel 
epidermis. Akumulasi K+ ini akan berbalik bila 
stomata menutup, yaitu K+ berakumulasi di sel 
epidermis. Tidak ada perbedaan electro 
potential yang menyolok antara setiap sel epidermis dan bagaimanapun keadaan stomata, 
K+ ditransport secara aktif dan ketika stomata 
membuka atau menutup memerlukan energi. 
Temperatur yang tinggi juga mengakibatkan 
stomata menutup. Hal ini terkait dengan 
meningkatnya respirasi dan meningkatnya CO2 dalam kantong stomata. Temperatur yang tinggi 
berkaitan dengan konsumsi air yang tinggi. 
Stomata menutup untuk mencegah kehilangan 
air yang berlebihan. Mekanisme membuka dan 
menutupnya stomata secara efisien dengan 
mengatur keseimbangan air dalam tanaman. Fitohormon sitokinin juga berpengaruh terhadap 
membukanya stomata sedang ABA 
kebalikannya.
1 5 1