Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-13T08:31:51+07:00
Jadikan jawaban terbaik yaa

Balon gas dapat naik ke atas karena balon gas itu diisi dengan udara panas (atau bisa juga diisi gas helium atau hidrogen; hanya hidrogen sekarang jarang digunakan karena mudah terbakar). Udara panas ini massa jenisnya lebih kecil daripada udara luar (atmosfer) sehingga balon dapat melayang bebas di udara.Untuk menaikkan atau menurunkan balon dapat dilakukan dengan menambah atau mengurangi gas yang mengisi ruang balon.

Balon udara naik atau turun sesungguhnya mengikuti hukum Archimedes. Persisnya begini: gaya apung yang diterima oleh suatu benda yang melayang di suatu fluida sama dengan berat fluida yang dipindahkannya. Prinsip ini juga menjelaskan fenomena tentang kapal baja yang bobotnya begitu berat, namun mampu mengapung di laut. Jika makin banyak orang yang naik ke kapal maka kapal akan semakin terbenam dalam air. Kapal itu juga memindahkan semakin banyak air sampai berat air yang dipindahkan sama dengan berat kapal termasuk isinya. Balon menggunakan prinsip yang sama. Hanya saja, karena kita menginginkan balon naik ke udara dan melayang pada ketinggian tertentu, maka yang dilakukan adalah mengisi balon sehingga berat udara yang dipindahkan lebih berat dari berat balon. Hingga kemudian mencapai titik ketinggian yang diinginkan.


28 3 28
2014-03-13T08:36:26+07:00
Sebenarnya balon udara dapat terbang dikarenakan masa jenis udara didalam balon lebih ringan dibandingkan masa jenis udara diluar balon.
pengisian balon udara dengan masa jenis yang lebih ringan dapat dilakukan dengan gas yang masa jenis yang lebih ringan (misalnya hidrogen) ataupun dengan melakukan pengisian udara panas kedalam balon udara. mengapa ini bisa terjadi? karena berdasarkan rumus bolitzman P.V = n.k.t disini dijelaskan bahwa pada volume yang sama dan tekanan yang sama kenaikan suhu berbanding terbalik dengan jumlah mulekul.
kembali lagi ke masalah balon udara, pada balon udara volume dan tekanan balon tetap (karena balon udara bagian bawahnya terbuka, bukan seperti ban sepeda yang tertutup)
dengan melakukan pemanasan udara yang dimasukkan kedalam balon udara menggunakan lilin menyebabkan suhu udara didalam balon meningkat dan jumlah molekulnya akan semakin sedikit (semakin renggang jarak antara molekul) . sehingga masa jenis udaranya akan menjadi lebih ringan.
14 3 14