Pak parmi menjual 100 kambing miliknya. Ia menjual 2/5 dari kambingnya dengan harga Rp400.000,00 per ekor, dan sisanya dijual dengan harga Rp500.000,00 per ekor . Jika pada penjualan kambing itu pak parmi mendapat untung 25persen maka berapakah harga pembelian seluruh kambing?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-13T04:59:42+07:00
2/5 x 100 = 40 x 400.000= 16.000.000
3/5 x 100 = 60 x 500.000= 30.000.000 +
                                       46.000.000 x 25 % = 11.500.000

46.000.000
11.500.000 -
34.500.000
Jadi total harga pembelian kambing adalah 34.500.000 Maaf kalo salah ini hasil jawaban sendiri
ini yg saya cari..makasih
Komentar sudah dihapus
2014-03-13T05:02:40+07:00
Dik:
100 ekor kambing
2/5 kambing = 2/5 x 100 =40 ekor, dijual 400.000 / ekor.
maka sisanya 60 ekor dijual 500.000/ ekor.

dari penjualan dia mendapatkan untung 25%
Dit: harga pembelian seluruh kambing.
jwb:

Harga 40 ekor kambing = 40 x 400.000 =16.000.000
Harga 60 ekor kambing = 60 x 500.000 = 30.000.000

total maka hasil penjualannya = 16.000.000 + 30.000.000 = 46.000.000

keuntungan yang diperoleh = 46.000.000 x 25% = 11.500.000
maka harga pembelian seluruh kambing = 46.000.000 - 11.500.000 = 34.500.000