1. Paman membeli sebuah sepeda dengan harga Rp.750.000. Keesokan

harinya, paman menjual sepeda tersebut seharga Rp.500.000 karena butuh

uang mendesak. Apakah paman mengalami kerugian dari penjualan sepeda

tersebut? hitunglah besar presentase keuntungan atau kerugian yang

dialami Paman!

2. Pak Ahmad mempunyai beberapa jenis burung.

Selain merupakan kegemarannnya, ternyata pak Ahmad juga berusaha

dibidang jual beli burung-burung tersebut. Harga satu ekor burung yang

dibeli pak Ahmad adalah Rp.100.000Pada suatu saat seorang membeli

10 ekor burung perkutut, dan 5 ekor burung Balam pak Ahmad. Dari hasil

penjuakan tersebut, pak Amad memperoleh uang Rp.1.800.000, dan

mengatakan kalau ia memperoleh keuntungan 20%.Jelaskan darimana pak Ahmad mengatakan dapat keuntungan 20% tersebut!

3.

Dari hasil penjualan burung ditambah uang tabungannnya yang ada, uang

pak Ahmad saat ini berjumah Rp.2.000.000. Uang itu digunakan untuk

membeli 5.000 batang pohon cokelat yang setiap 1.000 batang pohon coklat

harganya Rp.200.000. Biji coklat dihasilkan diolah dengan biaya

produksi Rp.500.000. Kemudian menjualnya kesalah satu pabrik makanan,

namun dari hasil penjualan tersebut dia menderita kerugian 10%a)Berapa
uang yang diperoleh Pak Ahmad dari pabrik?b)Bila pak Ahmad menginginkan
untuntung sebesar 15%, berapa harga jualnya?





2

Jawabanmu

2014-03-12T22:01:02+07:00
1) 750000-500000= 250000

=250000/750000x100% 
=1/3x100%
=33,3%
mungkin ya, kurang pasti :D
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-03-12T22:19:18+07:00
1. Ya, paman mengalami kerugian. Selisih harga beli dengan harga jual lebih besar harga belinya
750.000-500.000=250.000
250.000/750.000×100%=33%
Jadi, Paman mengalami kerugian sebesar 33,3%.

2. Karena harga 1 burung Rp100.000, dan yang dibeli 15 burung, maka 100.000x15=1500.000
Padahal, uang yang diperoleh Pak Ahmad Rp1800.000
1800.000-1500.000=300.000
Keuntungan 20%20/100x1500.000=Rp300.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh Pak Ahmad yaitu Rp300.000,00.

3.Uang Pak Ahmad yaitu Rp2000.000,00
1000 batang pohon coklat harganya Rp200.000
berarti 1 batang pohon coklat harganya 200
jika yang dibeli 5000 batang pohon coklat, maka
5000x200=1000.000
Biaya produksi Rp500.000
Jadi uang Pak Ahmad sisa Rp500.000,00

a. Pak Ahmad menderita kerugian 10%
rugi × biaya yang dikeluarkan
10/100×1500.000=150.000
Jadi, kerugian Pak Ahmad sebesar Rp150.000,00.

b. Bila Pak Ahmad menginginkan untung 15%
untung × biaya yang dikeluarkan15/100×1500.000=225.000
Jadi, harga jual yaitu Rp225.000,00.
2 5 2