Jawabanmu

2014-03-12T22:17:46+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-03-12T22:27:39+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Hitunglah pH larutan NH4Cl 0,1 M! (KNH4OH = 10^-5)

Penyelesaian :
Larutan amonium klorida terbentuk dari campuran basa lemah (NH4OH) dengan asam kuat (HCl). Dengan demikian, larutan garam tersebut mengalami hidrolisis parsial dan bersifat asam.

NH4Cl(aq) →  NH4+(aq) +  Cl-(aq)

Ion yang terhidrolisis adalah ion NH4+. Konsentrasi ion NH4+ adalah 0,1 M. Dengan demikian, pH larutan garam dapat diperoleh melalui persamaan berikut :
[H+]  =  {(K/Kb)([ion yang terhidrolisis])}^1/2
[H+]  =  {(10-14 / 10^-5)(0,1)}^1/2
[H+]  =  1 x 10^-5 M

pH = - log [H+]
pH = - log 1 x 10^-5
pH = 5 - log 10
pH = 5 - 0
pH = 5

Dengan demikian, pH larutan garam tersebut adalah 5

Semoga membantu ya :)
7 4 7