Jawabanmu

2014-03-12T19:34:28+07:00
Kesultanan Ternate atau juga dikenal dengan Kerajaan Gapi adalah salah satu dari 4 kerajaan Islam di Kepulauan Maluku dan merupakan salah satu kerajaan Islam tertua di Nusantara. Didirikan oleh Baab Mashur Malamo pada tahun 1257. Kesultanan Ternate memiliki peran penting di kawasan timur Nusantara antara abad ke-13 hingga abad ke-17. Kesultanan Ternate menikmati kegemilangan di paruh abad ke -16 berkat perdagangan rempah-rempah dan kekuatan militernya. Di masa jaya kekuasaannya membentang mencakup wilayah Maluku, Sulawesi bagian utara, timur dan tengah, bagian selatan kepulauan Filipina hingga sejauh Kepulauan Marshall di Pasifik.
2 3 2
2014-03-12T19:37:08+07:00
Kerajaan gapi atau yang lebih dikenal dengan kerajaan ternate (mengikuti nama ibukotanya) adalah salah satu dari 4 kerajaan islam di Maluku dan merupakan salah satu kerajaan islam tertua di Nusantara. Didirikan oleh Baab Manshur Malamo pada tahun 1257. Kesultanan Ternate memiliki peran penting di kawasan timur nusantara atara abad ke-13 hingga abad ke-17. Kesultanan ternate menikmati kegemilangan di paruh abad ke-16 berkat perdagangan rempah-rempah dan kekuatan militernya. Di masa jaya kekuasaanya membentang mencakup wilayah Maluku, Sulawesi utara , timur dan tengah, bagian selatan kepulauan Filiphina hingga sejauh Kepulauan Marshall di pasifik.
Letak kerajaan Secara geografis kerajaan ternate terletak di Keulauan Maluku, antara Sulawesi dan Irian Jaya . Letak kerajaan ini sangat strategis dan penting dalam dunia perdagangan pada masa itu. Pasa masa itu kepulauan Maluku merupakan pengjasil rempah-rempah terbesar sehingga dijuluki sebagai “The Spicy Island”.
1 5 1