Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-03-12T19:11:47+07:00
Indikator adalah suatu larutan yang dapat mengindentifikasikan Asam-Basanya suatu Larutan tertentu tanpa mengganggu keseimbangan Ph larutan tersebut. Mengapa ada lebih dari 1 indikator? karena Setiap indikator memiliki Trayek yang berbeda-beda, yaitu jangka Ph dimana Indikator tersebut dapat bereaksi dan menunjukkan perubahan warna.
Contoh :
Indikator Fenoftalein memiliki Trayek Ph sekitar 8,3--10 
itu berarti pada rentang Ph 8,3-10, Fenolftalen dapat berubah warna dan menunjukkan bahwa Larutan Tersebut Basa dan memilki Ph dengan rentang Ph 8,3-10. nah kelemahannya disini adalah Fenolftalen Hanya bereaksi efektif dengan larutan Basa, tidak dengan Asam, karena tidak ada perubahan warna Pada Larutan Asam.

Contoh lain adalah Indikator Metil Jingga memilki trayek 3,1--4,4. seperti halnya fenolfteln, indikator ini akan berumah warna pada rentang Ph tersebut. sehingga indikator ini hanya efektif pada Larutan Asam, tidak pada basa.

Dan masih banyak jenis-jenis indikator dengan Trayek-Trayek Ph tertentu, Semoga Penjelasan saya Jelas.
Semoga Membantu!!
2014-03-12T19:18:59+07:00
Untuk mengetahui suatu larutan bersifat asam atau basa dapat dilakukan dengan menggunakan indicator kertas lakmus. Namun, apabila ingin mengetahui berapa pH suatu larutan diperlukan indicator universal atau pH meter. Ada juga cara lain, yaitu dengan menguji larutan terebut dengan beberapa larutan tersebut dengan beberapa indicator yang telah diketahui trayek pH nya seperti pada tabel .trayek pH dan perubahan warna beberapa larutan indicator.
2 1 2